Varian Baru Corona "Omicron", Biden Tetapkan Pembatasan Perjalanan dari 8 Negara di Afrika

Presiden Amerika Joe Biden
Presiden Amerika Joe Biden (Net)

KLIKPOSITIF - Presiden Amerika Joe Biden hari Jumat (26/11) memutuskan untuk "berhati-hati" atas varian baru virus corona , ketika ia mengukuhkan pembatasan perjalanan dari delapan negara di bagian selatan Afrika .

Berbicara pada media di Nantucket, Massachusetts, saat menghabiskan waktu bersama keluarga untuk merayakan Hari Thanksgiving, Biden mengatakan varian itu kini menjadi "perhatian besar."

baca juga: Kenapa Creatine Digunakan Atlet dan Tidak Termasuk Doping?

"Saya telah memutuskan bahwa kami akan berhati-hati, memastikan tidak ada perjalanan ke dan dari Afrika Selatan dan enam negara lain di kawasan itu. Kecuali warga negara Amerika yang dapat tetap kembali (ke tanah air.red). Tapi kami belum tahu banyak tentang varian ini kecuali bahwa ini adalah masalah besar, yang tampaknya menyebar dengan cepat. Pagi ini saya telah menghabiskan waktu sekitar setengah jam dengan tim COVID-19 yang dipimpin oleh Dr. Fauci, jadi itulah keputusan yang kami buat," ujar Biden, dilansir dari VOAIndonesia, Sabtu (27/11).

Panel Badan Kesehatan Dunia WHO menamai varian baru itu "omicron" dan mengklasifikasikannya sebagai virus yang sangat menular, kategori yang sama dengan varian Delta.

baca juga: Potong Berlian Hitam Langka Terbesar di Dunia dengan Berat 555,55 Karat Dipajang di Dubai

Gedung Putih belum memberikan perincian langsung tentang larangan perjalanan itu, kecuali mengatakan pembatasan itu tidak berlaku untuk warga amerika yang kembali atau penduduk tetap, yang kemungkinan akan diminta menunjukkan hasil tes negatif sebelum melakukan perjalanan.

Editor: Eko Fajri