Jaga Kekuatan Tulang, Ini Sejumlah Makanan yang Bisa Dikonsumsi

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Kapan pertumbuhan seseorang berhenti? Ternyata seseorang akan berhenti tumbuh tinggi saat lempeng pertumbuhan atau growth plate di tulang mereka mulai menutup.

Lempeng pertumbuhan biasanya akan menutup menjelang akhir masa pubertas. Untuk anak perempuan saat berusia 1315 tahun, sedangkan untuk anak laki-laki saat berusia 1517 tahun. Walaupun orang dewasa tidak bisa menambah tinggi badan, mereka mungkin lebih berisiko mengalami penurunan tinggi badan seiring bertambahnya usia.

baca juga: Kenapa Creatine Digunakan Atlet dan Tidak Termasuk Doping?

Orang dewasa berusia lebih dari 40 tahun dapat kehilangan tinggi badan karena penipisan piringan tulang belakang, osteoporosis, sarcopenia, dan masalah kesehatan lainnya. Untuk mencegah masalah tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan penambah tinggi badan dengan kandungan kalsium, protein, dan mineral lainnya.

Telur

baca juga: Politisi NasDem: Jangan Hanya Fokus Penanganan Pandemi Covid-19, Imunisasi Dasar Lengkap Penting

Telur adalah sumber protein tinggi yang aman bagi tubuh, s etidaknya terdapat 6,24 gram protein dalam sebutir telur seberat 50 gram. Selain protein, telur juga mengandung vitamin dan mineral penting. Salah satunya yaitu vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor untuk menjaga kepadatan tulang. Para ahli menjelaskan asupan tiga butir telur utuh per hari aman untuk orang sehat. Namun, sebaiknya batasi jika Anda khawatir dengan kandungan kolesterol pada kuning telurnya.

Daging ayam

baca juga: Belum Juga Vaksinasi COVID-19, Djokovic Kini Juga Terancam Gagal Berpartisipasi di Roland Garros

Daging ayam juga dapat menjadi pilihan makanan untuk menambah tinggi badan. Sejumlah studi menemukan bahwa daging adalah sumber protein dengan tingkat IGF-1 (insulin-like growth factor 1) yang lebih tinggi. Hal tersebut berhubungan dengan peningkatan mineralisasi tulang yang mencegah patah tulang. Protein pada orang dewasa juga dapat mencegah hilangnya massa otot atau sarcopenia. Di samping sumber protein, daging ayam mengandung vitamin B12 dan taurin yang penting untuk mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Susu

baca juga: Darul Siska Pertanyakan Harga Obat Diatas HET, Minta Kemenkes Turun Tangan

Sebanyak 99 persen kalsium dalam tubuh disimpan di tulang dan gigi. Minum susu memenuhi kebutuhan kalsium yang penting untuk pengendapan mineral tulang Segelas susu sapi setidaknya mengandung 300 miligram kalsium. Susu juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti protein, fosfor, magnesium, vitamin B12, dan vitamin D. Seluruh kandungan tersebut sangat penting bagi orang dewasa untuk mempertahankan kepadatan tulang, massa otot, dan tinggi badan secara alami.

Ubi jalar

Selain sebagai sumber karbohidrat, ubi jalar kaya akan kandungan karotenoid dapat menjadi makanan penambah tinggi badan karena membantu meningkatkan kesehatan tulang. Sebuah studi dalam Journal of Clinical Densitometry menunjukkan karotenoid yang berubah menjadi vitamin A dalam pencernaan bisa membantu mempertahankan tinggi badan. Ubi jalar juga tinggi kandungan serat yang menjaga kesehatan pencernaan sekaligus meningkatkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh Anda.

Editor: Ramadhani