Mencairkan Daging Beku Tak Boleh Sembarangan, Ini Cara yang Benar

Daging beku
Daging beku (net)

KLIKPOSITIF - Banyak orang menyimpan daging beku di lemari pendingin untuk dimasak kemudian hari. Namun ternyata cara mencairkan daging beku ini tidak bisa sembarangan. Jika proses mencairkannya tidak benar, rasa daging bisa saja berubah. Tidak menutup kemungkinan hal ini juga membuat bahan makanan terkontaminasi bakteri sehingga Anda berisiko mengalami gangguan pencernaan.

Berikut tiga cara untuk mencairkan daging beku dengan benar dan aman:

baca juga: Kenapa Creatine Digunakan Atlet dan Tidak Termasuk Doping?

Membiarkan daging dalam kulkas

Ini merupakan cara paling aman untuk mencairkan daging beku. Masukkan daging ke dalam wadah yang bersih, lalu letakkan wadah pada bagian dasar kulkas. Pastikan Anda menjauhkan daging beku dari makanan lain untuk mencegah kontaminasi bakteri. Proses ini dapat memakan waktu hingga 24 jam untuk setiap 2,5 kilogram daging. Jadi, Anda perlu mempersiapkan daging paling tidak sehari sebelumnya. Keuntungan menerapkan cara mencairkan daging ini adalah kualitas daging yang Anda gunakan akan terjaga hingga 1 -- 2 hari setelahnya.

baca juga: Politisi NasDem: Jangan Hanya Fokus Penanganan Pandemi Covid-19, Imunisasi Dasar Lengkap Penting

Gunakan air dingin

Metode ini lebih cepat dari membiarkan daging dalam kulkas, tapi Anda perlu cermat melakukannya. Pertama-tama, bungkuslah daging dengan kantong plastik. Pastikan kantong plastik makanan yang Anda gunakan tidak bocor untuk mencegah masuknya bakteri. Selanjutnya, masukkan plastik ke dalam baskom berisi air dingin. Gantilah air setiap 30 menit sekali hingga tekstur daging yang tadinya keras dan beku kembali seperti semula. Satu kilogram daging beku mungkin membutuhkan waktu 2 jam sebelum dapat Anda olah. Selain merendam dengan air, Anda juga dapat mencairkan daging beku menggunakan air mengalir. Siapkan daging yang terbungkus plastik dengan rapat. Kemudian, alirkan air selama beberapa menit hingga daging tidak lagi beku.

baca juga: Belum Juga Vaksinasi COVID-19, Djokovic Kini Juga Terancam Gagal Berpartisipasi di Roland Garros

Oven atau microwave

Untuk mencairkan daging beku menggunakan microwave, Anda membutuhkan wadah yang aman dan tahan panas. Jangan menggunakan wadah styrofoam, karton kemasan, atau bungkus plastik yang bersentuhan langsung dengan daging. Masukkan daging beku ke dalam wadah makanan bersih, kemudian tutuplah dengan penutup yang tidak bersentuhan langsung dengan daging. Pastikan tidak ada cairan daging yang keluar dari wadah tersebut. Setelah itu, nyalakan oven microwave dengan mode " defrosting". Ikuti setiap tata cara penggunaan oven microwave Anda. Cara mencairkan daging yang satu ini memang mudah dan cepat, tetapi hanya disarankan untuk daging yang akan segera dimasak.

baca juga: Darul Siska Pertanyakan Harga Obat Diatas HET, Minta Kemenkes Turun Tangan

Anda harus segera mengolah seluruh daging beku yang telah Anda cairkan. Jangan memasukkan kembali sisa daging ke dalam kulkas karena dapat menyebabkan kontaminasi dan meningkatkan risiko keracunan makanan. Dalam menyimpan makanan beku, ingat juga untuk memastikan suhu freezer di titik -18C atau lebih rendah. Jangan menyimpan daging beku dalam freezer yang rusak atau lemari es dengan suhu yang tidak stabil.

Editor: Ramadhani