Pernah Makan Jeruk Mandarin? Ternyata Ini Manfaatnya Bagi Tubuh Kita

Jeruk Mandarin
Jeruk Mandarin (net)

KLIKPOSITIF - Jeruk memiliki varian yang beragam. Salah satunya adalah jeruk mandarin. Jenis jeruk ini memiliki ukuran buah yang lebih kecil dari pada buah jeruk pada umumnya.

Meski kecil, jeruk mandarin memiliki kandungan nutrisi dan segudang manfaat yang menyehatkan bagi tubuh. Citrus reticulata Blanco adalah nama latin dari jeruk mandarin. Karakteristik jeruk mandarin antara lain ukuran buahnya kecil, berbentuk bulat pipih, bagian kulit jeruknya cenderung tipis dan mudah dibuka, warna jingga menyala saat matang, dan memiliki rasa lebih manis saat matang.

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

Jeruk ini di Indonesia umum dikenal dengan nama jeruk keprok atau jeruk siam. Menurut Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika, terdapat beberapa varietas jeruk mandarin yang terkenal di seluruh dunia, antara lain clementine algeria, dancy tangerine, freemont, murcott, ponkan, oseola, dan robinson. Berikut ini sejumlah manfaat menkonsumsi jeruk mandarin ini:

Melancarkan sistem pencernaan

Jeruk mandarin memiliki kandungan serat yang penting untuk melancarkan sistem pencernaan. Bahkan, jeruk mandarin mengandung dua jenis serat yang penting bagi tubuh Anda, yakni serat yang larut air dan serat yang tidak larut air. Manfaat serat sebagai salah satu kandungan jeruk mandarin adalah membantu menyerap air, melunakkan, dan meningkatkan massa tinja sehingga dapat melancarkan buang air besar. Selain mencegah gangguan pencernaan, seperti sembelit, mengonsumsi jeruk mandarin juga berpotensi menurunkan risiko penyakit kronis dan membantu Anda menurunkan berat badan.

baca juga: Bukan untuk Alat Bantu Seks Wanita, Ini Sebenarnya Fungsi Vibrator

Mengurangi risiko batu ginjal

Batu ginjal adalah sebuah kondisi terbentuknya endapan keras dari mineral dan garam yang terjadi di dalam ginjal. Penderita batu ginjal akan mengalami rasa sakit yang luar biasa pada perut bawah hingga pangkal paha, apabila batu-batu ini menuju ureter saat buang air kecil. Salah satu penyebab batu ginjal adalah rendahnya kadar sitrat dalam urine. Buah sitrus, seperti jeruk mandarin memiliki manfaat sebagai sumber asam sitrat alami, yang mana dapat mencegah risiko batu ginjal dan kekambuhan pada penderitanya. Hal ini didukung oleh jurnal terbitan Italian Urology and Andrology terbitan 2015 menyebutkan peningkatan konsumsi buah sitrus, seperti jeruk dan lemon, serta buah non-sitrus, seperti melon secara tidak langsung meningkatkan kadar sitrat dalam urine dan mencegah risiko pembentukan batu ginjal dalam tubuh.

baca juga: Ilmuwan Selidiki Penyebab Varian Omicron Punya Banyak Mutasi

Menurunkan kadar kolesterol

Jeruk mandarin adalah camilan yang sehat dan aman untuk Anda konsumsi sehari-hari karena nol kandungan kolesterol. Bukan hanya itu, serat tinggi pada jeruk mandarin juga memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Dikutip dari Mayo Clinic, kandungan serat — terutama serat yang larut air (soluble fiber) — dalam jeruk mandarin dapat mengurangi kadar low-density lipoprotein (LDL). Menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam aliran darah memiliki potensi besar mencegah Anda dari risiko serangan jantung dan stroke.Mencegah pertumbuhan sel kanker

baca juga: Tidak Hanya Asma, Ini Penyebab-penyebab yang Bisa Sebabkan Sesak Napas

Dikutip dari American Institute for Cancer Research, jeruk mandarin mengandung dua senyawa antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, yakni beta karoten dan beta kriptoxantin. Kedua senyawa antioksidan ini juga menghasilkan warna jingga pada jeruk mandarin dan jenis buah sitrus lainnya. Studi menyebutkan bahwa kandungan antioksidan, seperti beta karoten dan beta kriptoxantin dalam jeruk mandarin bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat berdampak buruk bagi tubuh, salah satunya memicu pertumbuhan sel kanker. Buah-buahan juga mengandung flavonoid, yakni senyawa baik yang bisa menekan gen yang mendukung pertumbuhan kanker dan menonaktifkan senyawa pemicu kanker.

Meningkatkan daya tahan tubuhWalaupun kandungannya tidak sebanyak jeruk pada umumnya, namun vitamin C dalam jeruk mandarin juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C jenis asam askorbat adalah nutrisi penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan berbagai penyakit. Vitamin C berfungsi menjaga kesehatan kulit Anda, sebab jenis vitamin ini dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen memiliki peranan penting dalam proses penyembuhan luka pada kulit dan jaringan tubuh lainnya.

Editor: Ramadhani