Kurang Tidur? Ini Berbagai Resiko yang Bisa Terjadi pada Anda

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Memberi tubuh kita jumlah istirahat yang tepat tidak boleh disepelekan. Sebab, sangat penting untuk menemukan keseimbangan yang tepat dan tidur yang cukup, karena jika tidak, akan berisiko memengaruhi fungsi otak dan tubuh.

Ketika Anda tidak tidur dengan benar, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak energi untuk melakukan tindakan sehari-hari.

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

"Itu bisa mengganggu rentang perhatian, konsentrasi, pemikiran strategis, penilaian risiko, dan waktu reaksi Anda," kata Dr. Tim Woodman, Direktur Medis di Bupa UK Health Clinics, dikutip dari Bustle.

Efek lain dari kurang tidur , bisa membuat Anda lebih sulit mengendalikan nafsu makan dan mungkin menyebabkan penambahan berat badan.

baca juga: Bukan untuk Alat Bantu Seks Wanita, Ini Sebenarnya Fungsi Vibrator

Di sisi lain, kurang tidur tiga malam berturut-turut akan sangat berdampak pada tubuh dan pikiran Anda, termasuk kesehatan mental.

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa mereka yang tidur selama empat jam atau kurang, aktivitas kognitif nampak lebih tua delapan tahun.

baca juga: Ilmuwan Selidiki Penyebab Varian Omicron Punya Banyak Mutasi

Sehingga, hanya tidur empat jam sama dengan membuat otak Anda menua lebih cepat.

Meskipun tidur empat jam setiap malam tidak selalu berarti kurang tidur , Woodman menjelaskan bahwa hal itu pasti akan mempengaruhi tingkat produktivitas dan fungsi tubuh.

baca juga: Tidak Hanya Asma, Ini Penyebab-penyebab yang Bisa Sebabkan Sesak Napas

"Bagi kebanyakan dari kita, empat jam tidur per malam tidak cukup untuk bangun dengan perasaan istirahat dan waspada secara mental, tidak peduli seberapa baik Anda tidur ," katanya.

"Tidak cukup tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan , termasuk gangguan memori, kurangnya kewaspadaan, dan lekas marah," jelasnya lagi.

Selain itu, kurang tidur dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung koroner.

Para peneliti juga sampai pada kesimpulan bahwa tidur selama tujuh hingga sembilan jam per malam (waktu yang terkait dengan perilaku kognitif yang sangat fungsional) biasanya sama untuk semua orang dewasa, tanpa memandang usia.

Jadi, akan baik jika Anda mempertahankan siklus teratur sekitar delapan jam tidur , karena sangat ideal untuk kesehatan jangka panjang.

Editor: Eko Fajri