Jangan Konsumsi Sembarangan, Obat-obatan Ini Dapat Merusak Ginjal

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Mengonsumsi obat secara terus-menerus diyakini dapat merusak ginjal . Sebab, setiap obat yang diminum akan melewati ginjal .

Sayangnya banyak orang dengan kondisi kronis tertentu harus selalu mengonsumsi obat dalam jangka panjang agar penyakit mereka tidak semakin parah.

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

Menurut National Kidney Foundation yang berbasis di Amerika Serikat, apabila obat tidak dikonsumsi mengikuti anjuran dokter, atau obat yang minum adalah ilegal, maka dapat menyebabkan cedera pada ginjal .

Berikut beberapa obat yang cukup berbahaya bagi ginjal :

baca juga: Bukan untuk Alat Bantu Seks Wanita, Ini Sebenarnya Fungsi Vibrator

1. Obat pereda nyeri

Ginjal bisa rusak jika seseorang mengonsumsi banyak obat bebas, seperti aspirin, naproxen, dan ibuprofen. Obat-obatan ini tidak seharusnya diminum setiap hari atau secara teratur tanpa anjuran dokter terlebih dahulu.

baca juga: Ilmuwan Selidiki Penyebab Varian Omicron Punya Banyak Mutasi

2. Antibiotik

Antibiotik bisa berbahaya jika tidak dikonsumsi dengan benar. Orang dengan penyakit ginjal perlu mengonsumsi antibiotik dalam jumlah lebih sedikit daripada orang dengan ginjal sehat.

baca juga: Tidak Hanya Asma, Ini Penyebab-penyebab yang Bisa Sebabkan Sesak Napas

3. Obat pencahar resep

Secara umum, obat pencahar yang dijual bebas aman bagi kebanyakan orang. Namun, beberapa resep obat pencahar yang digunakan untuk membersihkan usus (biasanya sebelum kolonoskopi) bisa berbahaya bagi ginjal .

4. Obat-obatan ilegal

Kebanyakan obat-obatan jalanan, termasuk heroin, kokain dan ekstasi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, gagal jantung dan bahkan kematian.

Dalam beberapa kasus, hanya memerlukan satu kali penggunaan untuk mendapat efek tersebut.

Kokain, heroin dan amfetamin (sabu-sabu) juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal .

Editor: Eko Fajri