Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

Tape
Tape (net)

KLIKPOSITIF - Tape ketan adalah kuliner yang sangat umum yang bisa kita temui di banyak daerah di nusantara. Makanan ini dibuat dengan proses fermentasi pada bahan pangan dengan kandungan karbohidrat, dalam hal ini beras ketan (Oryza sativa var. glutinosa).

Sebagai salah satu jenis makanan hasil fermentasi, tape diklaim memiliki sejumlah bakteri baik yang aman Anda konsumsi dan menjadi sumber probiotik bagi tubuh. Probiotik dapat memengaruhi kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Fermentasi juga dapat meningkatkan kandungan vitamin B1 atau thiamin dalam tape ketan yang sama-sama dapat menjaga sistem pencernaan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan jika mengkonsusmsi tape ketan:

Cegah stres

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

Tape ketan memiliki kandungan vitamin B1 dan probiotik di dalamnya. Vitamin B1 atau thiamin juga sering disebut sebagai vitamin antistres, yang membantu mengendalikan suasana hati dan gangguan fisiologis. Kandungan probiotik yang umumnya terdapat pada makanan fermentasi, seperti Lactobacillus helveticus dan Bifidobacterium longum dapat meredakan gejala gangguan kecemasan dan depresi, sehingga Anda akan merasa lebih tenang, berpikir positif, dan sanggup melawan gangguan tersebut.

Bantu Pencernaan

Proses fermentasi tape ketan menghasilkan probiotik yang dapat membantu Anda menjaga keseimbangan bakteri baik, sekaligus menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dikutip dari Cleveland Clinic, bakteri baik dapat membunuh bakteri jahat dalam sistem pencernaan. Selain itu asupan probiotik melalui tape ketan juga bermanfaat mengembalikan kadar bakteri dalam tubuh yang bisa hilang setelah minum obat antibiotik.

Probiotik juga dapat meredakan gejala sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS), seperti perut kembung dan frekuensi buang air besar meningkat. Selain itu, makanan hasil fermentasi diklaim dapat membantu mengurangi risiko diare dan sembelit.

baca juga: Bukan untuk Alat Bantu Seks Wanita, Ini Sebenarnya Fungsi Vibrator

Bakteri baik yang terkandung dalam tape ketan juga dapat membantu tubuh Anda dalam mencerna makanan. Bakteri ini dapat memecah karbohidrat kompleks yang Anda makan, serta menghasilkan zat lain yang juga bermanfaat bagi tubuh Anda. Selain mengonsumsi makanan probiotik, sejumlah studi juga menyarankan Anda untuk makan makanan tinggi serat, seperti biji-bijian utuh, gandum, sayuran, dan buah-buahan. Makanan yang mengandung serat dapat menyerap air, sehingga membuat feses lebih lunak dan mudah dikeluarkan dari anus. Hal ini dapat membantu Anda menghindari beberapa gangguan, seperti sembelit hingga wasir atau ambeien.

Mengontrol kadar gula darah

Sebuah penelitian dilakukan pada 76 pasien diabetes tipe 1 atau tipe 2 untuk mengetahui kadar vitamin B1 dalam tubuh melalui tes enzim transketolase. Hasilnya, sekitar 8 persen mengalami kekurangan vitamin B1 ringan dan 32 persen mengalami kekurangan vitamin B1 sedang. Studi lain yang diterbitkan European Journal of Nutrition menyebutkan pemberian asupan vitamin B1 dengan dosis 150-300 mg per hari dapat menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2. Hal ini juga dapat mencegah hiperglikemia, yakni kondisi meningkatnya kadar gula dalam darah yang memicu diabetes. Manfaat tape ketan tidak serta-merta bisa Anda rasakan langsung untuk penyembuhan diabetes. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Meningkatkan imunitas tubuh

baca juga: Ilmuwan Selidiki Penyebab Varian Omicron Punya Banyak Mutasi

Selain bermanfaat pada sistem pencernaan, tape ketan dengan kandungan probiotik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Probiotik dapat membantu membunuh bakteri, virus, kuman, dan jamur yang terdapat dalam makanan yang Anda konsumsi. Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Science and Medicine in Sport menunjukkan adanya efek positif dari konsumsi diet dengan kandungan probiotik pada sejumlah atlet. Ditemukan sekitar 47% persen atlet yang memperoleh asupan probiotik rutin tidak pernah mengalami pilek atau infeksi saluran cerna selama pengujian. Makanan probiotik, yang dibarengi dengan asupan nutrisi lain, seperti vitamin C, zat besi, dan zinc juga dapat mempercepat proses pemulihan tubuh pascasakit.

Meningkatkan fungsi jantung

baca juga: Tidak Hanya Asma, Ini Penyebab-penyebab yang Bisa Sebabkan Sesak Napas

Tape ketan juga diketahui memiliki kandungan bakteri asam laktat (BAL) yang memiliki berbagai khasiat, salah satunya adalah meningkatkan fungsi jantung. Institut Pertanian Bogor melakukan penelitian dengan menambahkan bakteri Lactobacillus acidophilus pada tape ketan yang tinggi kandungan bakteri asam laktat. Setelah proses fermentasi, diketahui bahwa jumlah bakteri L. acidophilus mengalami peningkatan. Bakteri L. acidophilus mampu berkoloni dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat di saluran cerna. Probiotik ini juga dapat yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah, sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Editor: Ramadhani