Cegah Resiko Kenker dengan Menghindari Makanan-makanan Berikut Ini

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang sehat dapat menyebabkan beberapa penyakit yang sewaktu-waktu bisa mengancam jiwa, mulai dari hati, ginjal, jantung, hingga kanker .

Lalu, makanan apa saja yang bisa meningkatkan risiko kanker ? Berikut ini daftarnya seperti dilansir dari Times of India.

baca juga: Epidemiolog: Langkah Pemerintah Antisipasi Masuknya Varian Omicron Tepat

Daging olahan

Daging disebut merupakan makanan yang sehat, asal jika dimasak dengan matang dan dikonsumsi dalam jumlah yang sedang. Tetapi, jika mengonsumsi daging olahan secara berlebihan dapat meningkatkan masalah kesehatan . Mulai dari penambahan berat badan hingga kanker .

baca juga: Legislator Sarankan Tiga Langkah Sikapi Varian Baru Corona

Sisi lain, pengolahan daging menghasilkan senyawa karsinogen yang dapat berisiko terkena kanker kolorektal dan perut. Hal ini bisa ditemukan lewat daging hot dog, salami, dan juga sosis.

Goreng-gorengan

baca juga: Tips Make Up Untuk Kulit Kering, Wajib Dicoba Para Ladies!

Goreng-gorengan mungkin bisa jadi camilan yang enak di rumah. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, ini bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Sebuah studi menunjukkan, senyawa dari gorengan ini memiliki sifat karsinogenik, yang disebut dapat merusak DNA. Selain itu, gorengan juga meningkatkan stres oksidatif, sekaligus peradangan tubuh yang terkait dengan pertumbuhan sel kanker .

baca juga: Fadli Zon: Dunia, Jangan Lupakan Palestina

Makanan produk olahan

Baik itu makanan dari tepung olahan, gula, dan minyak, semuanya berpotensi meningkatkan risiko sel kanker jika dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan ini sudah dibuktikan lewat sebuah studi, yang menunjukkan gula dan karbohidrat yang diproses tinggi dapat meningkatkan stres oksidatif, serta peradangan dalam tubuh.

Selain itu, seseorang yang dietnya tinggi dengan mengonsumsi makanan produk olahan, juga berisiko besar terkena kanker ovarium, payudara, hingga endometrium (rahim).

Makanan kaleng dan kemasan instan

Makanan kaleng dan kemasan instan seperti mie misalnya, dapat meningkatkan risiko penyakit kanker jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebab makanan kemasan yang siap dimasak memiliki bahan kimia Bisphenol A (BPA), di mana senyawa ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, perubahan DNA, hingga kanker .

Editor: Eko Fajri