Sering Merasa Lelah di Siang Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Bangun tidur mestinya membuat tubuh lebih segar dan bersemangat. Namun bagi banyak orang, rasa lelah tetap melanda dan terjadi di jam-jam produktif, seperti jam siang hari. Tentunya hal ini bisa menghambat pekerjaan dan aktivitas lainnya.

Mengutip dari Times of India, walau Anda merasa segar di pagi hari, ada beberapa faktor yang terjadi ketika Anda lelah di siang hari . Berikut faktornya:

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

Kurang Tidur

Anda sudah merasa bahwa jam tidur Anda sudah cukup, sehingga rasa segar bisa membangkitkan produktivitas Anda. Padahal hal-hal seperti kelelahan di siang hari bisa saja menimpa Anda jika Anda kurang tidur.

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

Mengonsumsi kopi

Kafein menjadi cara untuk mengatasi rasa kantuk. Padahal terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa merusak sistem tubuh, sehingga Anda mudah mengalami gangguan rasa lelah. Selain itu, mengonsumsi kopi bisa membuat seseorang terjaga selama tujuh jam di malam hari. Sehingga ketika kesulitan tidur, Anda mengalami rasa lelah di jam siang hari.

baca juga: Jaga Keuangan Anda Tetap Sehat, Ingat 3 Langkah Ini

Makan siang yang banyak

Walaupun makan siang sangat penting untuk kesehatan , akan tetapi jika terlalu banyak dan kekenyangan, hal ini bisa membuat tubuh Anda lelah yang membuat Anda sulit fokus bekerja.

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

Latihan pagi

Latihan pagi tidak selalu berdampak positif lho, jika Anda melakukannya terlalu keras untuk meningkatkan kesehatan . Bahkan dampaknya, Anda bisa mengalami kelelahan di siang hari. Ini disebabkan energi Anda sudah terkuras saat melakukan latihan pagi hari.

Masalah kesehatan lain

Tidak hanya faktor kurang tidur dan makan saja, kelelahan di siang hari bisa jadi karena masalah kesehatan lain. Mulai dari sleep apnea, narkolepsi, gangguan tiroid, defisit nutrisi, hingga dehidrasi.

Bagaimana cara mengatasinya?

Beberapa cara untuk mengatasi kelelahan di siang hari adalah dengan menerapkan kebiasaan sederhana. Mulai dari tidur tepat waktu, menjaga jadwal tidur, berolahraga, serta memantau asupan kafein di tengah produktivitas Anda.

Selain itu, Anda perlu menjaga diri agar tetap terhidrasi, salah satunya dengan meningkatkan asupan air mineral untuk energi Anda.

Untuk membangun pikiran dan energi Anda, cobalah beberapa gerakan fisik untuk meningkatkan aliran darah. Dengan begitu, Anda tak hanya sehat secara mental saja, melainkan juga fisik.

Editor: Eko Fajri