Makanan Pedas Dipercaya Bisa Sebabkan Wasir, Ini Fakta yang Perlu Anda Ketahui

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Banyak orang percaya memakan terlalu banyak makanan pedas, bisa menyebabkan ambeian atau wasir. Faktanya, makanan pedas ternyata tidak menyebabkan ambeien (wasir). Namun makanan pedas dapat memicu iritasi fisura anus.

Fisura anus merupakan robekan atau belahan pada lapisan anus (anal mukosa). Hal ini dibuktikan lewat penelitian 2006 yang dimuat dalam Diseases of the Colon and Rectum. Meski makanan pedas tidak menyebabkan ambeien, mengonsumsinya terlalu banyak bisa memicu rasa sakit pada fisura anus.

Konsumsi makanan pedas bisa melukai saluran pencernaan sampai bisa menyebabkan diare. Bila diare terjadi, ada kemungkinan pasien dengan gejala wasir bisa mengalami iritasi pada bagian lapisan anus. Selain itu, penyebab utama wasir berkaitan dengan perubahan kebiasaan buang air besar.

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

Sembelit dapat membuat Anda mengejan lebih sering dan terlalu kuat hingga mungkin memicu risiko ambeien. Makanan pedas memang dapat mengubah kebiasaan BAB Anda. Konsumsi makanan yang mengandung cabai panas mungkin bisa memicu rasa sakit pada orang yang mengalami wasir.

Makanan pedas memang tidak menyebabkan ambeien. Namun, bukan berarti Anda bisa sembarangan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang berisiko memicu ambeien, seperti:

keju,

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

keripik,

makanan cepat saji,

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

es krim,

daging berlemak,

baca juga: Kembali Selidiki Asal Usul Virus Corona Hingga Jadi Pandemi, WHO Bentuk Tim SAGO

roti putih,

makanan beku dan makanan ringan, dan

makanan olahan, seperti hot dog.

Bila mengalami sembelit kronis, usahakan untuk tidak makan terlalu banyak makanan rendah atau tanpa serat.

Editor: Ramadhani