Ingin Makan Banyak Tanpa Perlu Khawatir Berat Badan Naik, Begini Caranya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Setiap orang tentu saja menginginkan tubuh yang sehat dan ideal. Termasuk mereka yang memang hobi kuliner dan menikmati berbagai jenis makanan di nusantara.

Namun kekhawatiran pada kelebihan berat badan sering menghantui orang untuk menikmati kuliner yang mereka suka. Namun ternyata terdapat sejumlah langkah agar anda bisa tetap makan banyak namun tetap memiliki tubuh yang sehat ideal. Berikut beberapa tipsnya:

Olahraga

Porsi makan yang banyak, tetapi tidak disertai dengan aktivitas fisik yang cukup bisa menjadi salah satu penyebab berat badan naik. Jumlah kalori yang masuk ke tubuh menjadi tidak seimbang karena tidak dibakar dengan berolahraga. Akibatnya, makan banyak bisa membuat tubuh gemuk ketika energi tersebut tidak dibakar atau dipakai secara efektif. Bila Anda suka ngemil dan makan makanan tinggi kalori tanpa berolahraga, tentu hal ini bisa memicu kenaikan berat badan. Itu sebabnya, cara agar tetap bisa makan banyak tapi tidak gemuk adalah dengan rutin berolahraga. Usahakan untuk berolahraga intensitas sedang setidaknya 150 menit dalam satu minggu untuk mempertahankan berat badan Anda.

Sederet jenis olahraga intensitas sedang yang bisa mulai Anda coba antara lain, berjalan cepat, bersih-bersih rumah (menyapu, mengepel atau berkebun), aktif bermain dengan anak, atau bersepeda. Selain baik untuk menjaga berat badan, rutin berolahraga baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Pilihan makanan

Cobalah untuk membatasi makanan cepat saji (junk food) yang tentu tidak sehat bagi tubuh. Dibanding mengonsumsi junk food, Anda bisa memilih jenis makanan yang lebih bergizi, seperti sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Bila diperlukan, usahakan untuk meningkatkan asupan makanan tinggi protein dan serat.

Dibandingkan karbohidrat dan lemak, protein dan serat menawarkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga mencegah Anda untuk makan lebih banyak. Beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi dalam jumlah wajar dan tidak membuat Anda gemuk meliputi: kentang rebus,

telur, oatmeal, sup, jeruk, apel, dan pisang.

Makan sehat

Salah satu kebiasaan makan agar bisa tetap makan banyak tapi tidak gemuk yaitu makan di saat perut kosong dan di waktu yang tepat. Usahakan untuk tidak melewatkan waktu makan karena bisa membuat tubuh menginginkan asupan makanan secara berlebihan. Makan berlebihan membuat tubuh kesulitan membakar kalori.

Cara lain agar bisa makan banyak tapi tidak gemuk yaitu tidak terburu-buru dan tetap tenang saat makan. Makan terburu-buru justru bisa membuat Anda makan berlebihan karena otak tidak punya cukup waktu untuk menerima sinyal rasa kenyang. Sementara itu, makan dengan tenang dan perlahan bisa mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, otak bisa menerima sinyal kenyang dengan lebih efektif. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih cepat kenyang dan lebih puas sehingga tidak perlu khawatir akan kenaikan berat badan.

Baca Juga

Editor: Ramadhani