Konsumsi Garam Berlebih Bahaya Bagi Kesehatan, Ini Sejumlah Bahan Alami Pengganti Garam

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Konsumsi garam berlebihan bisa memicu penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan bahkan penyakit jantung. Pasalnya tubuh kita hanya memerlukan sedikit sekali garam, namun pola hidup dan jenis makanan sering kali kelebihan garam.

Salah satu cara untuk mengatasi garam berlebih ini adalah dengan mengganti asupan sodium yang berlebih dengan bahan alami lain sebagai bahan pengganti garam. Dilansir dari hellosehat ini sejumlah bahan alami yang bisa digunakan sebagai pengganti garam:

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

Cabe

Buah yang rasanya cukup membuat mata jadi melek ini, sering membuat galau masyarakat Indonesia ketika harganya melambung tinggi. Rasa pedas pada cabe ini bisa menggantikan rasa asin pada garam. Biasanya, cabe digunakan dalam bentuk bubuk atau berbentuk utuh pada masakan. Coba kombinasikan dengan jintan, ketumbar, dan kunyit jika Anda akan memasak racikan gulai ala India.

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

Kayu manis

Bahan pengganti garam ini sudah tidak asing lagi digunakan dalam beberapa resep masakan, pasalnya kayu manis adalah bahan rempah tertua di dunia yang telah digunakan sejak zaman dahulu. Kayu manis alias cinnamon juga sering digunakan dalam proses pembuatan kue atau minuman. Anda bisa menggunakan bubuk kayu manis atau batangan kecilnya langsung untuk menambah rasa pada makanan.

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

Jahe

Indonesia merupakan salah satu negara yang suka menggunakan jahe dalam banyak hal. Mulai dari obat, minuman, penghangat tubuh sampai memperkuat rasa makanan. Rasa dan aroma jahe didaulat bisa menjadi pengganti garam pada masakan.

baca juga: Kembali Selidiki Asal Usul Virus Corona Hingga Jadi Pandemi, WHO Bentuk Tim SAGO

Daun mint

Daun yang satu ini banyak terdapat pada makanan khas negara barat. Rasa dari daun mint ini didapuk mampu mejadi pengganti garam. Dengan rasa yang menyegarkan dan manis, daun minta bisa Anda coba untuk alternatif perasa selain garam. Caranya, Anda bisa menggunakan daun mint segar dengan cara membersihkan daunnya terlebih dahulu. Anda bisa campurkan langsung pada masakan yang hendak dimasak. Biasanya daun mint akan terasa enak jika dicampur dengan wortel, kacang polong, atau bisa Anda gunakan untuk dressing salad yang Anda buat.

Bawang merah dan bawang putih.

Dua bumbu dapur ini dengan mudah ditemukan dalam menu masakan Indonesia. Bawang merah dan bawang putih punya rasa dan aroma yang khas, dimana mereka berfungsi untuk meningkatkan rasa makanan. Selain untuk pengganti garam, bawang merah dan bawang putih juga dapat dijadikan sebagai ramuan pada obat tradisional.

Editor: Ramadhani