Pubertas Tahap Perkembangan Alami Anak, Kenali Tanda Anak Laki-laki Anda Mulai Beranjak Remaja

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Pubertas alias puber, merupakan tahap perkembangan seorang anak menjadi dewasa secara seksual. Pada tahap ini, anak akan mengalami beberapa perubahan, terutama dalam hal fisik.

Anak yang mengalami masa pubertas akan mengalami perubahan hormon di dalam tubuh. Untuk laki-laki misalnya, perubahan ini dialami saat laki-laki memasuki usia 10 hingga 16 tahun.

baca juga: Pfizer dan BioNTech Mulai Uji Klinis Untuk Vaksin Spesifik Omicron

Melansir dari Hello Sehat, berikut tanda anak laki-laki bila sudah masuk masa pubertas . Apa saja?

1. Membesarnya ukuran testis

baca juga: Penelitian Ungkap Manfaat Kandungan Ganja untuk Cegah Covid-19, Begini Penjelasannya

Tanda laki-laki bila sudah memasuki masa pubertas adalah membesarnya ukuran testis. Umumnya ini terjadi pada usia 11 tahun. Setelah membesarnya testis, pembesaran tersebut juga terjadi pada ukuran penis yang bertambah.

2. Tumbuh rambut di area organ seksual

baca juga: Studi: Vaksin COVID-19 Tidak Mempengaruhi Kesuburan Wanita atau Pria

Laki-laki yang sudah masuk ke usia pubertas , akan mengalami tumbuhnya rambut di area organ seksual. Selain itu, rambut yang tumbuh di area organ seksual ini biasanya berbentuk keriting.

3. Perubahan skrotum

baca juga: 12 Aplikasi Perencanaan Makan Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Skrotum merupakan salah satu bagian dari organ reproduksi laki-laki, yakni berupa kantung kulit yang menggantung di bawah penis. Bila laki-laki sudah memasuki masa pubertas , skrotum tersebut akan berubah menjadi gelap.

4. Mengalami mimpi basah

Ketika laki-laki memasuki masa pubertas , mereka akan mengalami yang namanya mimpi basah. Biasanya, mereka akan mengalami ejakulasi atau keluarnya sperma saat masih tidur. Sisi lain, kondisi ini terjadi saat laki-laki tersebut bermimpi tentang hasrat seksual.

5. Perubahan suara

Jika pada masa anak-anak suaranya lebih lembut dan terkesan cilik, berbeda jika laki-laki tersebut sudah memasuki masa pubertas . Salah satunya adalah perubahan suara yang lebih berat.

6. Mulai tumbuh jerawat

Laki-laki yang memasuki masa pubertas akan mengalami jerawat di sekitar wajah. Hal ini termasuk normal dan tidak perlu khawatir. Nantinya, jerawat yang tumbuh di masa puber akan hilang dengan sendirinya.

7. Perubahan tinggi badan

Laki-laki yang memasuki masa puber umumnya akan mengalami perubahan tinggi badan. Dalam waktu setiap tahun, laki-laki akan mengalami pertumbuhan tinggi badan mulai dari 7 hingga 8 cm.

8. Terbentuknya otot-otot

Umumnya laki-laki yang memasuki masa pubertas akan mengalami terbentuknya otot-otot. Biasanya, perubahan ini terlihat dari dadanya yang membidang dan tumbuhnya otot di bagian lengan.

Editor: Eko Fajri