Tidur Siang Sangat Penting bagi Pertumbuhan Anak, Ini Manfaatnya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Tidur siang sangat penting bagi pertumbuhan anak. Namun banyak anak tidak menyukai waktu tidur siang.

Anak-anak cenderung merasa tidur siang mengganggu waktu main mereka. Meski begitu orangtua tetap membujuk anak untuk tidur siang.

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

Dilansir dari hellosehat, berikut sejumlah manfaat tidur siang bagi anak-anak:

Mendukung proses belajar anak

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

Studi yang dilakukan para peneliti di University of Massachusetts menemukan fakta bahwa tidur siang secara teratur dapat membuat anak lebih fokus dan memiliki daya ingat yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, anak-anak mampu mengingat 10% lebih banyak setelah tidur siang daripada sebelumnya. Adapun hal ini dapat mendukung proses belajar anak sehari-hari hingga seterusnya.

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

Menjaga berat badan anak

Bukan cuma kesehatan mental anak, tidur siang juga baik untuk perkembangan fisiknya, salah satunya adalah dapat menjaga berat badan anak tetap sehat dan ideal. Pasalnya, anak yang tidak memiliki jadwal tidur teratur menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk.

baca juga: Kembali Selidiki Asal Usul Virus Corona Hingga Jadi Pandemi, WHO Bentuk Tim SAGO

Selain itu, anak yang kurang tidur pun cenderung lebih banyak makan, terutama makanan berkalori tinggi. Hhal ini dapat meningkatkan risiko obesitas pada anak.

Mengembalikan energi anak

Sama seperti orang dewasa, tidur siang juga bisa membantu mengisi ulang energi anak. Terlebih lagi, anak kerap merasa kelelahan karena aktivitas fisik, termasuk anak bermain di luar rumah, dan proses belajar yang ia lakukan. Dengan tidur siang, anak menjadi lebih rileks dan segar sehingga bisa kembali melanjutkan aktivitasnya.

Tidur malam lebih mudah dan nyenyak

Kebiasaan tidur siang membuat anak Anda lebih mudah dan nyenyak untuk tidur pada malam hari. Jika tidak tidur siang, anak akan merasa terlalu lelah. Hal ini sering membuat anak susah tidur pada malam hari.

Terkadang, rasa lelah yang berlebihan juga membuat anak Anda tidur malam lebih cepat. Bila ini terjadi, anak bisa terbangun pada dini hari atau justru tidak sempat makan malam.

Memperbaiki suasana hati anak

Tidur siang juga dapat menjaga dan memperbaiki suasana hati anak Anda. Tidur membuat rasa lelah anak dapat terobati sehingga memiliki suasana hatinya jadi lebih baik. Adapun hal ini bisa mencegah anak mudah marah. Dilansir dari laman St. Louis Children's Hospital, anak yang tidur siang setiap hari cenderung tidak mudah tersinggung dibandingkan dengan yang tidak tidur siang.

Editor: Ramadhani