Pernah Mengalami Ereksi Spontan? Ereksi Tanpa Rangsangan Seksual, Ini yang Perlu Anda Diketahui

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Sejumlah pria dilaporkan pernah mengalami ereksi spontan. Ereksi penis tersebut muncul secara tak terduga meski tanpa adanya rangsangan atau pikiran seksual sama sekali.

Secara ilmiah ereksi adalah kondisi penis saat membesar, mengeras, dan menegang. Maka tak heran, jika kondisi ini juga sering disebut sebagai "tegang" atau "berdiri". Penis akan mengalami ereksi ketika darah mengalir menuju penis dan mengisi ruang-ruang dalam penis bernama corpora cavernosa. Penis pun akan terisi oleh darah sehingga jadi tampak lebih besar, panjang, dan terasa keras.

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

Proses dalam sistem reproduksi pria ini pada dasarnya bertujuan untuk melakukan ejakulasi atau pelepasan air mani dan sperma saat berhubungan seks. Penyebab penis ereksi akibat rangsangan seks bisa melalui sentuhan, penglihatan, suara, maupun fantasi seksual .

Faktanya, penis tidak hanya bereaksi terhadap rangsangan seksual . Maka sangat mungkin terjadi kondisi dimana penis mengalami ereksi meskipun tanpa rangsangan seksual .Penis ereksi tanpa adanya rangsangan seksual disebut ereksi spontan. Ereksi spontan bisa terjadi pada siapa dan kapan saja, terutama pada remaja laki-laki yang sedang mengalami pubertas.

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

Pada kebanyakan kasus, penyebabnya adalah perubahan kadar hormon yang dibaca oleh otak sebagai sinyal untuk mengalirkan darah ke area panggul laki-laki. Sementara pria dewasa mengalami ereksi spontan akibat sejumlah faktor.Ketika terlelap pada malam hari, seseorang mungkin akan mengalami 3-5 kali ereksi dengan durasi 25-35 menit pada tiap sesinya. Hal ini terjadi saat Anda memasuki tahapan tidur dalam atau REM (rapid eye movement). Kondisi ini terjadi karena pada tahapan tidur REM, tubuh sedang memproduksi hormon dalam jumlah besar. Otak pun memberikan perintah bagi darah untuk melaju ke daerah penis.

Selain itu, ereksi juga bisa terjadi jika Anda mengalami mimpi terkait fantasi seksual . Selain pada malam hari, Anda juga bisa terbangun dengan kondisi penis yang mengeras. Kedua hal ini tergolong wajar pada pria dengan kondisi tubuh yang sehat sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

Perubahan hormon mendadak juga bisa memicu kondisi ereksi spontan. Testosteron merupakan hormon yang memainkan peranan penting pada fungsi seksual pria. Perubahan kadar hormon ini yang meningkat kapan saja tanpa bisa Anda kendalikan secara sadar bisa menyebabkan ereksi spontan. Terkadang, ereksi spontan bisa saja terjadi ketika Anda sedang kerja, mandi, mengemudi, atau bahkan saat makan.

Sebagian besar kondisi ini masih wajar dan normal, bukan sesuatu yang patut dikhawatirkan. Hal ini pun bisa jadi tanda kalau tubuh Anda sedang dalam keadaan sangat baik. Jadi, ereksi spontan bukan berarti Anda punya pikiran mesum atau sedang terangsang.

baca juga: Kembali Selidiki Asal Usul Virus Corona Hingga Jadi Pandemi, WHO Bentuk Tim SAGO

Editor: Ramadhani