Anda Sering Menderita karena Sariawan, Ini Obat Alami untuk Mengobatinya

Lidah Buaya
Lidah Buaya (net)

KLIKPOSITIF - Sariawan merupakan masalah kesehatan yang umumnya bisa dialami setiap orang. Saat mengalami sariawan di mulut terutama area lidah bisa menyebabkan kita kesulitan untuk mengunyah makanan dan berbicara.

Dilansir dari Medical News Today, walaupun sariawan dapat sembuh dengan sendirinya, namun untuk sebagian orang akan terasa sakit dan menggangu. Apalagi kalau sariawan berada di area lidah sehingga Anda jadi sulit untuk berbicara, makan, serta minum. Berikut beberapa obat-obatan alami yang dapat membantu meredakan masalah sariawan di lidah:Tidak hanya obat medis, cara mengobati sariawan di lidah juga bisa memanfaatkan jenis obat rumahan atau alami. Berikut obat-obatan alami untuk mengatasi sariawan di lidah dilansir dari hellosehat:

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

Lidah buayaSatu sariawan saja bisa membuat seluruh mulut Anda terasa tak nyaman dan panas. Bisa dibayangkan bila sariawan muncul lebih dari satu. Tentu saja sensasi tidak nyamannya akan semakin intens. Untungnya lidah buaya memiliki sifat antiradang dan antinyeri alami sehingga bisa menjadi alternatif cara mengobati sariawan di lidah. Tumbuhan herbal satu ini bisa membantu meringankan peradangan dan rasa nyeri karena sariawan.

Anda cukup menyiapkan beberapa batang lidah buaya asli dan cuci sampai bersih. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan Anda. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari. Perlu diingat, obat dari bahan alami tidaklah selalu aman untuk semua orang. Bila Anda punya riwayat alergi dengan lidah buaya, sebaiknya hindari mencoba untuk menjadikan obat sariawan di lidah.

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

Es batuDalam beberapa hari, sariawan di lidah bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, Anda bisa

mengompres lidah dengan es batu. Obat sariawan di lidah yang satu ini manjur untuk mengempiskan bengkak pada jaringan mulut yang terluka. Ambil beberapa bongkah es batu dari dalam freezer. Lalu bungkus es batu dengan selembar waslap atau kain kering yang bersih. Setelah itu, tempelkan kain di bagian lidah yang sariawan selama beberapa menit. Jika sulit, kulum es batu pada bagian lidah yang sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut. Anda juga bisa berkumur menggunakan air dingin untuk meringankan rasa perih di lidah.

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

Air garam

Garam dapur bisa jadi penyelamat serta salah satu cara mengobati saat muncul sariawan yang membandel di lidah. Menariknya, manfaat garam untuk mengatasi berbagai gangguan mulut sudah diketahui sejak zaman nenek moyang terdahulu. Obat alami sariawan di lidah ini diklaim dapat membasmi bakteri dan kuman jahat di mulut. Hal ini yang dapat membantu meringankan peradangan di area yang terluka. Cara membuat obat sariawan di lidah satu ini terbilang mudah. Anda cukup mencampurkan setengah sendok teh garam dalam air hangat sampai larut. Kumur-kumur ke seluruh penjuru mulut selama 1-2 menit lalu buang airnya. Anda bisa berkumur air garam beberapa kali dalam sehari sampai sariawan mengecil atau menghilang

baca juga: Kembali Selidiki Asal Usul Virus Corona Hingga Jadi Pandemi, WHO Bentuk Tim SAGO

Editor: Ramadhani