Vietnam Setuju Penggunaan Vakzin Asal Kuba

Vaksin Abdala
Vaksin Abdala (REUTERS)

KLIKPOSITIF - Pemerintah Vietnam , Sabtu (18/9), menyetujui penggunaan vaksin asal Kuba, Abdala. Vietnam saat ini sedang berjuang untuk melawan wabah COVID-19.

Abdala menjadi vaksin COVID-19 kedelapan yang disetujui untuk digunakan di Vietnam . Negara tersebut merupakan salah satu negara dengan tingkat vaksinasi terendah di Asia Tenggara. Hanya 6,3% dari 98 juta populasinya yang menerima setidaknya dua vaksin .

baca juga: Pemprov Sumbar Targetkan Capaian Vaksinasi 50 Persen Hingga Akhir Bulan Ini

Reuters, Sabtu (18/9), melaporkan pengumuman itu muncul beberapa jam setelah Presiden Nguyen Xuan Phuc meninggalkan Hanoi untuk kunjungan resmi ke Havana.

Vietnam mencatatkan 667.650 infeksi virus corona dengan 16.637 kematian, sebagian besar wabah tersebut disebabkan oleh varian Delta sejak akhir April.

baca juga: Polres Tanah Datar Gelar Vaksinasi di Rutan Batusangkar, 160 Orang Divaksin

"Kementerian Kesehatan telah menyetujui vaksin Abdala, berdasarkan kebutuhan mendesak negara untuk memerangi COVID-19," kata pernyataan pemerintah.

Kementerian Kesehatan mengatakan Kuba akan memasok sejumlah besar vaksin Abdala ke Vietnam dan mentransfer teknologi produksi pada akhir tahun.

baca juga: Pemkab Pessel Ancam Honor atau Gaji yang Bersumber dari Dana Nagari Tidak Dibayarkan, Jika Belum Vaksin

Pada bulan Juli, Vietnam mendesak Amerika Serikat untuk mengakhiri "kebijakan bermusuhan" terhadap Kuba. Negara tersebut juga mendorong AS mencabut embargo perdagangan yang sudah berlangsung lama.

Editor: Eko Fajri