Ingin Cepat Pulih dari Sakit? Konsumsi Makanan-makanan Ini

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Agar lekas pulih dari penyakit, ada baiknya konsumsi makanan sehat demi menjaga kesehatan mulai dari buah-buahan, sayuran, lemak sehat, dan sumber protein.

Sumber makanan tersebut telah terbukti dapat mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan penyembuhan, dan menyediakan bahan bakar untuk memulihkan diri.

baca juga: Anda Mengalami Sejumlah Masalah di Kulit Wajah, Mungkin Kurang Tidur Penyebabnya

Berikut lima makanan yang dapat membantu Anda agar cepat pulih dari penyakit, seperti yang dilansir dari Healthline.

1. Sayuran

baca juga: Kasus Covid-19 Sepekan Terakhir Menurun, Apakah PPKM Masih Lanjut?

Anda bisa konsumsi sayuran seperti kangkung, bayam, sawi, atau sayuran hijau lainnya. Tentunya, sumber makanan ini disebut dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sistem imun, dan menyembuhkan luka. Selain itu, sayuran hijau terbukti punya kandungan yang sehat, seperti vitamin C, mangan, magnesium, folat, dan provitamin A.

2. Telur

baca juga: Tidur Siang Sangat Penting bagi Pertumbuhan Anak, Ini Manfaatnya

Setelah melakukan operasi, tubuh membutuhkan lebih banyak protein, salah satunya dengan mengonsumsi telur. Tentu tidak hanya memiliki sumber protein semata, melainkan telur menyediakan nutrisi yang mampu mendukung kesehatan tubuh serta penyembuhan luka, lewat kandungan seperti vitamin A, vitamin B12, seng, zat besi, dan selenium.

3. Ikan salmon

baca juga: Pernah Mengalami Ereksi Spontan? Ereksi Tanpa Rangsangan Seksual, Ini yang Perlu Anda Diketahui

Salmon dikemas dengan protein, vitamin B, selenium, zat besi, seng, dan lemak omega-3. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian, menunjukkan bahwa lemak omega-3 dapat meningkatkan penyembuhan luka, meningkatkan respons kekebalan tubuh, serta mengurangi peradangan. Salmon yang dimasak memberi kebutuhan nutrisi harian Anda sebesar 70 persen. Meski salmon disebut aman untuk dikonsumsi, ada baiknya perlu konsultasi dengan dokter Anda.

4. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk tubuh Anda. Tidak hanya menyediakan energi yang dibutuhkan sel, tetapi enzim seperti heksokinase dan sitrat sintase, dapat membantu memulihkan luka Anda. Ubi jalar dikemas dengan sumber penting yang lain.

Seperti senyawa anti-inflamasi, mineral, vitamin C, karotenoid, dan mangan. Tentunya, kandungan tersebut dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh, serta membantu tubuh Anda pulih dari penyakit.

5. Buah beri

Buah beri dikenal karena memiliki sumber yang penting untuk kesehatan , seperti nutrisi dan senyawa tanaman yang mampu mendukung pemulihan tubuh Anda. Selain itu, beri menyediakan vitamin C yang disebut dapat mendorong penyembuhan luka. Buah beri juga dikemas lewat kandungan antioksidan seperti anthocyanin, anti-inflamasi, anti-virus, di mana kandungan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Editor: Eko Fajri