Anda Penikmat Kopi? Ini Hubungan Kopi dan Kolesterol yang Perlu Anda ketahui

Kopi
Kopi (net)

KLIKPOSITIF - Kopi merupakan minuman yang banyak digemari di seluruh dunia. Kandungan kafein di dalamnya yang memberikan energi serta meningkatkan fokus.

Namun, kopi juga disebut sebagai minuman yang berpotensi meningkatkan kolesterol. Kolesterol sendiri merupakan zat menyerupai plak yang terdapat secara alami di tubuh manusia. Selain dihasilkan tubuh, kolesterol juga bisa didapat dari makanan atau minuman tertentu.

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

Di dalam tubuh, terdapat kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Penderita kolesterol dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat untuk mencegah kenaikan kadar kolesterol jahat. Apakah kopi berpengaruh pada angka kolesterol baik dan jahat di dalam tubuh?

Banyak sekali faktor yang berperan dalam hal ini. Beberapa studi menunjukkan bahwa meminum kopi yang tidak disaring lebih berbahaya untuk kolesterol dibanding dengan yang disaring. Salah satunya adalah studi dari European Journal of Clinical Nutrition, yang menjelaskan bahwa konsumsi kopi unfiltered berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

baca juga: Bukan untuk Alat Bantu Seks Wanita, Ini Sebenarnya Fungsi Vibrator

Ada berbagai varian kopi dengan rasa dan komposisi yang mungkin berbeda-beda. Namun, pada dasarnya, minuman kopi diolah dengan 2 cara, yaitu disaring (filtered) dan tidak disaring (unfiltered). Kopi jenis filtered disajikan dengan cara menuang air panas di atas kopi bubuk yang diletakkan di atas filter berupa kertas atau kain khusus.

Sementara itu, kopi unfiltered atau yang disebut juga dengan "kopi rebus" tidak memerlukan filter. Jenis kopi yang tergolong unfiltered adalah espresso, kopi French press, dan Moka pot. Peningkatan kolesterol tersebut juga berbanding lurus dengan penambahan jumlah gelas kopi yang dikonsumsi.

Editor: Ramadhani