Bagaimana Kewajiban Seorang Muslim Saat Terima Informasi? Ini Penjelasan Wakil Ketua Infokom MUI

.
. (MUI)

KLIKPOSITIF - Berkembangnya teknologi membuat informasi beredar begitu cepat. Tak ayal hal tersebut dimanfaatkan sekelompok orang demi kepentingan sesaat guna menyebarkan informasi hoaks. Namun, mengacu kepada Al Quran, seorang muslim yang beriman wajib meneliti saat menerima sebuah informasi apakah benar atau hoaks.

Hal tersebut disampaikan Founder Media Kernels Indonesia yang juga Wakil Ketua Infokom MUI Ismail Fahmi dalam Webinar bertajuk "Literasi Pandemi dan Pemulihan Ekonomi di Kalangan Millenial, beberapa hari lalu.

baca juga: Gus Baha: Ada 2 Unsur dalam Shalawat, Penyelamat Pembacanya pada Hari Kiamat

Di dalam Surah Al Hujarat ayat 6, Allah SWT berfirman "Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu".

Menurut Pendiri Drone Emprit tersebut, ayat tersebut merupakan sebuah perintah bagi seorang yang beriman, jika menerima informasi, maka yang dilakukannya pertama kali adalah meneliti atau mengecek kebenarannya.

baca juga: Anaknya Minta Ini Sebelum Tidur, Larissa Chou: Iya Nanti Ya

Belakangan yang terjadi justru sebaliknya, tidak diketahui benar tidaknya, informasi hoaks diedarkan tanpa pengetahuan yang cukup. Hal tersebut hampir terjadi setiap hari di social media.

Menurutnya, ini adalah ujian, apakah sebagai seorang muslim, kita sudah menjalankan kewajiban seperti tertuang di dalam Al Quran.

baca juga: Berdasarkan Astrologi, 4 Zodiak Ini Terkenal Keras Kepala

Berdasarr ayat di atas, verifikasi atau teliti terhadap suatu informasi bukan hanya kewajiban bagi umat Islam saja, tapi untuk semua orang yang beriman. Di tengah pandemi seperti ini fokus ada pada kesehatan bersama.

"Saran terbaik dalam menyeleksi informasi yang di terima adalah saring sebelum sharring," tutupnya.

baca juga: Ini 6 Fenomena Astronomi pada Oktober 2021

Editor: Eko Fajri