4 Kebiasaan Ini Kurang Sehat di Konsumsi Untuk Sarapan

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Sarapan banyak diklaim sebagai makanan terpenting dalam sehari. Oleh karena itu, sarapan dengan menu yang tepat akan berpengaruh.

Melansir dari Heathline, untuk sarapan pilihlah yang paling sehat di mana mengandung kombinasi protein, serat, dan lemak sehat. Sayangnya, banyak makanan sarapan yang umum dikonsumsi namun sebenarnya tidak baik untuk dikonsumsi, antara lain:

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

1. Jus buah

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa menghilangkan dahaga dengan jus buah lebih sehat daripada minum soda manis atau teh manis, itu bukan pilihan minuman terbaik untuk sarapan .

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

Jus buah mengandung nutrisi dan antioksidan, tetapi tinggi gula dan rendah serat, tak seperti buah utuh.

2. Yogurt

baca juga: Jaga Keuangan Anda Tetap Sehat, Ingat 3 Langkah Ini

Di antara banyak manfaat yogurt, ini adalah sumber protein dan probiotik yang baik. Probiotik adalah bakteri hidup yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

Namun, banyak jenis yogurt yang sarat dengan gula tambahan, menjadikannya pilihan yang kurang sehat. Terlebih lagi, banyak varietas populer telah menghilangkan sebagian besar atau semua kandungan lemaknya yang membuatnya kurang mengenyangkan.

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

3. Daging olahan

Semua daging yang diproses seperti bacon, sosis, dan ham sering dipakai untuk sarapan . Asupan ini sarat dengan garam yang dapat meningkatkan tekanan darah pada individu yang sensitif terhadap garam.

Daging olahan juga mengandung aditif lain seperti nitrit yang dapat meningkatkan risiko kanker tertentu seperti kanker perut.

Namun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya bagaimana asupan daging olahan mempengaruhi risiko kanker.

4. Minuman kopi manis

Minuman kopi manis seperti moka, frappes, atau macchiato bisa menjadi makanan manis yang penuh gula. Faktanya, beberapa minuman mengandung 70 gram gula, setara dengan 280 kalori atau lebih per porsi.

Editor: Eko Fajri