Penderita Kolesterol Tinggi Disarankan Konsumsi Nanas, Ini Sejumlah Manfaatnya

Nanas
Nanas (net)

KLIKPOSITIF - Nanas dipercaya memiliki potensi menyehatkan jika dikonsumsi oleh penderita kadar kolesterol tinggi. Dilansir dari situs Heart UK, nanas termasuk salah satu jenis makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain nanas,kacang-kacangan, oats, sayur dan buah bisa menurunkan kolesterol makanan yang mengandung lemak tidak jenuh. Berikut ini beberapa alasan kesehatan kenapa nanas menjadi buah pilihan untuk penderita kadar kolesterol tinggi:

Membantu mengendalikan berat badan

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

Manfaat lain dari nanas untuk pengidap kolesterol tinggi adalah buah ini bisa membantu mengendalikan berat badan. Ini perlu dilakukan karena kelebihan berat badan bisa menjadi salah satu faktor tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh. Buah nanas diketahui bersifat rendah lemak dan kalori sehingga bisa dijadikan pilihan makanan menyehatkan. Serat dari buah ini mengenyangkan perut lebih lama, sehingga menekan keinginan Anda untuk mengonsumsi camilan tidak sehat.

Menurunkan kadar kolesterol

Menurut studi pada Journal of chiropractic medicine, vitamin C bisa membantu mengurangi kadar kolesterol total. Penelitian ini menggunakan suplemen vitamin C sebagai sampelnya, kandungan yang juga ada di dalam buah nanas. Dalam 100 gram buah nanas, terdapat 78,9 gram vitamin C. Mengonsumsi buah ini bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya.

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

Nanas juga kaya akan serat. Ada sekitar 2,3 gram serat per 100 gram pada buah nanas. Nah, serat larut pada buah ini bisa mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam darah bisa menurun. Nanas mengandung bromelain yang bisa membantu tubuh memecah plak kolesterol yang menyumbat pembuluh darah, dan menurunkan risiko terbentuknya gumpalan darah yang sungguh berbahaya pada pasien kadar kolesterol tinggi karena bisa menyebabkan stroke. Efek ini ditunjukkan sebuah studi berbasis hewan pada jurnal Biotechnology research international.

Mengurangi peradangan dan stres oksidatif

Radikal bebas bisa menyebabkan stres oksidatif yang berujung dengan peradangan. Pada penderita kolesterol tinggi, risiko penyakit akan semakin tinggi jika peradangan (inflamasi) pada sel tubuh juga tinggi. Oleh karena itulah, konsumsi nanas menjadi salah satu cara untuk pengidap kolesterol tinggi untuk mengurangi inflamasi. Manfaat nanas ini didapat dari kandungan antioksidan, seperti vitamin C, asam galat, katekin, epikatekin dan asam ferulat.

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

Editor: Ramadhani