Alami Rasa Sakit dan Nyeri Usai Berolahraga? Ini Penjelasannya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Apakah anda sering merasakan badan terasa sakit setelah berolahraga? Ternyata hal itu merupakan sesuatu yang wajar dan sangat umum terjadi.

Ketika melakukan olahraga yang baru atau gerakan yang otot Anda jarang lakukan, maka sel-sel otot pada bagian yang Anda gunakan akan mengalami kerusakan. Hal ini disebut dengan DOMS atau Delayed Onset Muscle Sense. Kondisi ini termasuk normal dan semua orang bisa merasakannya, bahkan bagi atlet profesional sekalipun.

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

Rusaknya jaringan otot inilah yang menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri setelah latihan ini menjadi tanda bahwa otot mulai beradaptasi dalam menerima tekanan selama latihan. DOMS biasanya dimulai 6 hingga 8 jam setelah Anda melakukan aktivitas baru atau setelah mengubah aktivitas tertentu. Rasa nyeri ini bisa bertahan selama 24 hingga 48 jam ke depan.

Inilah mengapa biasanya Anda baru akan merasakan badan sakit pada keesokan harinya atau berjam-jam setelah berolahraga. Hanya saja badan sakit setelah berolahraga tidak selalu jadi pertanda baik. Memang, semakin banyak bagian tubuh yang sakit bisa menjadi pertanda bahwa semakin banyak otot baru yang Anda libatkan untuk beradaptasi terhadap gerakan latihan yang baru.

baca juga: Bukan untuk Alat Bantu Seks Wanita, Ini Sebenarnya Fungsi Vibrator

Namun, badan sakit setelah olahraga juga bisa menandakan hal yang lainnya. Bukan hanya karena adaptasi otot, tapi kondisi ini bisa juga disebabkan latihan yang berlebihan. Olahraga berlebihan bisa membuat badan Anda merasakan pegal dan nyeri yang luar biasa. Selain itu, jika gerakan latihan yang Anda lakukan salah hingga mengalami cedera otot pada beberapa titik tubuh, kondisi ini juga bisa menimbulkan rasa nyeri di berbagai bagian tubuh.Anda sebaiknya perlu mengetahui perbedaan antara nyeri otot akibat proses adaptasi suatu latihan dengan nyeri otot yang disebabkan oleh penggunaan otot berlebihan atau cedera. Dilansir dari hellosehat beberapa tanda dan gejala badan sakit setelah olahraga yang perlu Anda waspadai kira-kira seperti berikut ini:

Rasa sakit setelah olahraga sampai membuat Anda tidak bisa melakukan segala aktivitas ringan sehari-hari atau bekerja. Kondisi ini bisa menandakan bahwa porsi latihan Anda berlebihan.

baca juga: Ilmuwan Selidiki Penyebab Varian Omicron Punya Banyak Mutasi

Sensasi rasa nyeri yang Anda rasakan tidak hilang setelah lebih dari 72 jam. Kondisi ini bisa menjadi pertanda bukan nyeri otot biasa.

Pembengkakan pada bagian tungkai yang bisa melibatkan cedera saat berlari.

baca juga: Tidak Hanya Asma, Ini Penyebab-penyebab yang Bisa Sebabkan Sesak Napas

Berkurangnya rentang atau pergerakan sendi akibat adanya pembengkakan.

Urine berwarna gelap atau lebih jarang buang air kecil.

Peningkatan detak jantung bahkan saat beristirahat.

Sering mengalami gejala pilek dan flu.

Menurunnya nafsu makan dari biasanya.

Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut setelah berolahraga, lebih baik membiarkan tubuh sepenuhnya beristirahat. Umumnya tubuh perlu waktu sekitar 48 hingga 72 jam sebelum mulai olahraga lagi. Jika perlu, konsultasikan ke dokter Anda untuk melakukan diagnosis dan mengetahui tindakan lebih lanjut.

Editor: Ramadhani