5 Manfaat Baik Beras Shirataki untuk Kesehatan Tubuh, Pengganti Terbaik Nasi!

Nasi yang dimasak dengan beras shirataki
Nasi yang dimasak dengan beras shirataki (freepik.com)

KLIKPOSITIF - Beras shirataki merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang sangat mengenyangkan tetapi mengandung kalori yang rendah. Makanan alternatif ini dipercaya memiliki kandungan yang lebih baik dari beras putih pada umumnya. Di samping itu, manfaat beras shirataki juga dipercaya bagus dikonsumsi untuk orang yang sedang diet dan menderita penyakit tertentu karena mengandung serat yang tinggi.

Jenis beras shirataki ini diolah dari ekstrak akar ubi gajah atau umbi konnyaku. Itulah sebabnya, beras ini lebih dikenal dengan nama konjak di kawasan Asia, khususnya Jepang. Namun, agar mendapatkan manfaat yang baik dari shirataki kita tidak boleh salah dalam mengolahnya.

baca juga: Tips Make Up Untuk Kulit Kering, Wajib Dicoba Para Ladies!

Oleh karena itu, ada beberapa cara memasak dan manfaat yang akan didapatkan dari beras shirataki berikut ini. Simak terus artikelnya, ya!

Cara Memasak Beras Shirataki agar Tidak Mengurangi Nutrisinya

Cara memasak beras shiratakiagar tidak mengurangi nutrisinya

sumber foto: freepik.com

baca juga: UMKM Bangkit Bersama Shopee di Tengah Pandemi

1. Cuci beras shirataki sampai bersih

2. Siapkan 300 gr beras shirataki

baca juga: Menjadi Pahlawan bagi Orang Tua dan Petani Panjat Pinang di Masa Pandemi

3. Siapkan 900 ml air

4. Sebelum dimasak, rendam terlebih dahulu beras shirataki selama 30 menit, lalu saring dan tiriskan.

baca juga: Berangkat Aman, Belanja Nyaman dengan Bluebird Group, Shopee Indonesia, dan ShopeePay

5. Kemudian masak beras hingga mendidih, aduk sampai rata.

6. Tunggu sampai benar-benar matang dan sajikan beras shirataki.

Manfaat Beras Shirataki untuk Kesehatan

1. Zero calorie

Beras shirataki terbuat dari iles-iles atau umbi konnyaku (Amorphophallus konjac) yang sering ditemui di tengah hutan Asia. Karena adanya kandungan tersebut, beras shirataki dipercaya tidak mengandung kalori. Seperti yang kita tahu, bahwa bahan makanan yang nol kalori biasanya tidak mengandung karbohidrat yang tinggi.

Meskipun begitu, makanan alternatif nasi ini dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Itulah mengapa, beras shirataki sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Selain itu, manfaat beras shirataki juga sangat bagus untuk memperbaiki sistem pencernaan karena tubuh akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencernanya secara sempurna.

2. Menurunkan berat badan

Seperti yang sudah diketahui, bahwa salah satu manfaat beras shirataki untuk kesehatan adalah ampun menurunkan berat badan lebih cepat. Hal ini dikarenakan nasi shirataki nol kalori sehingga tubuh akan lebih cepat membakar lebih banyak untuk menyerap sumber energi.

3. Glukosa dalam darah lebih terkontrol

Manfaat beras shirataki tidak hanya untuk menurunkan berat badan, melainkan dapat menunda proses pencernaan secara alami. Lebih dari itu, beras shirataki juga mampu menurunkan penyerapan glukosa dalam darah pada seseorang yang menderita penyakit diabetes.

Menurut Journal of Food and Nutrition Research, beras shirataki dapat dijadikan sebagai bahan makanan pokok untuk orang yang menderita penyakit diabetes tipe 2. Gimana, tertarik mencobanya?

4. Membersihkan Saluran Usus

Pasalnya beras shirataki tidak sepenuhnya dicerna oleh saluran pencernaan. Sebagian makanan ini akan melewati pencernaan dan merangsang otot-otot sekitar usus.

Artinya, manfaat beras shirataki ini dapat membersihkan saluran pencernaan sehingga tekstur feses akan tetap lunak. Ini karena adanya serat glukomanan yang berperan sebagai prebiotik untuk membantu memelihara bakteri baik pada usus besar.

Bakteri baik tersebut sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan dapat mencegah terkena kanker usus besar.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Selain sebagai makanan untuk diet, shirataki juga dikenal sebagai pengganti nasi yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi shirataki secara rutin kekebalan tubuh akan lebih terjaga dan tidak mudah sakit.

Dalam jurnal Food Reviews menyatakan, shirataki memiliki manfaat yang menguntungkan untuk kolesterol baik dan kolesterol jahat karena adanya kandungan konjak serta glukomanan. Dimana, beras ini mampu menstabilkan kadar kolesterol yang baik di dalam tubuh.

Tak hanya menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata shirataki juga bisa diolah menjadi beberapa hidangan. Bagaimana, tertarik untuk mengganti beras putih dengan beras shirataki?

Nah, bagi anda yang ingin mencoba beralih ke beras shirataki tanpa perlu keluar rumah, anda bisa membelinya secara online di Shopee . Ada banyak diskon menarik yang anda dapatkan di promo SUPERMARKET DAYpada tanggal 30 Agustus 2021.

Sebab, saat ini Shopee sedang menyediakan kampanye belanja 9.9 Super Shopping Day yang akan memberikan keuntungan dan kepuasan belanja untuk para pelanggan. Promo tersebut berupa COD Gratis Ongkir, Tanam Shopeepay 30 M, Super Serba Seribu.

Tunggu apalagi? Penuhi kebutuhan belanja anda hanya di Shopee !

Editor: Khadijah