Posisi Tidur Miring Adalah yang Terbaik Untuk Ibu Hamil, Ini Penjelasan Ahli

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Bagi ibu hamil , menemukan posisi tidur yang nyaman bisa menantang karena ada benjolan di perut. Selain masalah keamanan, Anda juga harus perhatikan kenyamanan.

Melansir dari Healthshots, jumlah tidur yang cukup untuk ibu hamil sangat penting karena ini dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi.

baca juga: Kenapa Creatine Digunakan Atlet dan Tidak Termasuk Doping?

Di sisi lain, kurang tidur selama kehamilan dikaitkan dengan sejumlah komplikasi, termasuk preeklamsia atau tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, penting untuk menentukan posisi tidur yang aman dan nyaman.

Selama trimester pertama, dianggap aman bagi seorang perempuan hamil untuk tidur dalam posisi apapun yang Anda rasa nyaman. Namun, ketika mencapai trimester kedua dan ketiga, Anda perlu berhati-hati dengan posisi tidur .

baca juga: Politisi NasDem: Jangan Hanya Fokus Penanganan Pandemi Covid-19, Imunisasi Dasar Lengkap Penting

Menurut Dr Madhuri Burande Laha, konsultan dokter kandungan di Motherhood Hospital, Kharadi, posisi tidur miring (SOS) adalah posisi tidur terbaik selama kehamilan karena memberikan sirkulasi yang baik untuk Anda dan bayi Anda.

Saat bayi tumbuh, permepuan menjadi kurang nyaman untuk tidur tengkurap dan telentang. Jadi, pastikan untuk mulai fokus pada tidur miring.

baca juga: Belum Juga Vaksinasi COVID-19, Djokovic Kini Juga Terancam Gagal Berpartisipasi di Roland Garros

" Tidur miring membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan organ integral. Tidur miring ke kiri membantu meningkatkan darah dan nutrisi, yang mencapai plasenta dan bayi Anda. Ini meningkatkan sirkulasi yang baik dan membantu mencegah pembengkakan, munculnya varises di kaki Anda, dan wasir," kata Dr Madhuri.

Usahakan agar kaki dan lutut tetap tertekuk dengan meletakkan bantal di antara kedua kaki untuk mengurangi tekanan pada punggung.

baca juga: Darul Siska Pertanyakan Harga Obat Diatas HET, Minta Kemenkes Turun Tangan

Bagi yang menderita sakit punggung dapat menggunakan posisi SOS dengan meletakkan bantal di bawah perut untuk meredakannya.

Jika mengalami mulas saat tidur , Anda dapat mencoba menopang tubuh bagian atas dengan dukungan bantal.

Selama tahap terakhir kehamilan, beberapa perempuan dapat mengalami masalah pernapasan. Seseorang dapat menghindari ini dengan berbaring miring.

Editor: Eko Fajri