Kaya Manfaat, Ini Khasiat Daun Pepaya yang Jarang Diketahui

daun pepaya
daun pepaya (net)

KLIKPOSITIF -Di balik rasanya yang cenderung pahit, ternyata daun pepaya menyimpan potensi untuk bantu atasi kanker. Daun pepaya segar, atau yang dikenal dengan nama Latin Carica papaya, merupakan tanaman yang cukup banyak dan mudah ditemukan di Indonesia.

Selain diolah menjadi makanan, daun pepaya konon berpotensi menjadi obat alami untuk berbagai penyakit, seperti demam berdarah serta arthritis. Daun pepaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berlimpah. Dilansir dari hellosehat berikut ini manfaat daun pepaya:

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

Antioksidan yang tinggi

Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi menangkal radikal bebas. Senyawa ini ditemukan dalam daun pepaya dengan kadar yang tinggi. Di dalam daun pepaya, terdapat senyawa flavonoid, yaitu agen antioksidan yang baik untuk mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh. Dengan asupan antioksidan yang cukup dari daun pepaya, Anda dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan sel-sel tubuh akibat adanya kanker.

Enzim papain

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

Kandungan lain dari daun pepaya yang patut diperhitungkan untuk mengendalikan kanker adalah papain. Papain merupakan enzim yang terkandung secara alami di daun dan buah pepaya dan menimbulkan rasa pahit pada daun pepaya. Selain memberi cita rasa pahit, papain ternyata juga berpotensi menangkal sel-sel kanker. Hal ini diteliti dalam sebuah studi yang terbit di Journal of Experimental Nanoscience tahun 2020. Dari studi tersebut, papain disebut memiliki sifat antikanker yang baik untuk menghambat proliferasi pada kanker paru-paru. Proliferasi adalah proses pembelahan sel-sel sehingga kanker dapat memperbanyak diri dan menyebar di dalam tubuh. Dengan adanya potensi penghambat pembelahan sel kanker, enzim papain dipercaya membantu menurunkan risiko kanker semakin menyebar ke organ tubuh lain.

Zat sitotoksik yang baik untuk kanker

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

Khasiat lain dari daun pepaya adalah adanya zat sitotoksik yang baik untuk melawan sel-sel kanker. Sitotoksik merupakan zat yang memicu kerusakan atau kematian pada sel. Biasanya, Anda akan menemukan istilah sitotoksik pada obat kemoterapi untuk kanker. Komponen tersebut dapat ditemukan di dalam ekstrak daun pepaya diyakini memiliki sifat sitotoksik. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang terbit di jurnal Toxins tahun 2015. Penelitian tersebut mengungkap potensi sitotoksik yang terdapat di dalam ekstrak daun pepaya terhadap kasus kanker mulut. Hasilnya, senyawa sitotoksik dari ekstrak daun ini diduga mampu menghambat sel kanker untuk berkembang dan menyebar ke organ tubuh lain.

Editor: Ramadhani