9 dan 10 Muharram, Ini Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura Serta Niatnya

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Muharram merupakan bulan yang diistimewakan karena termasuk salah satu bulan al-asyhur al-hurum atau bulan-bulan yang dimuliakan, selain Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Rajab.

Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Nurul Irfan, turut menjelaskan berbagai keistimewaan yang dapat umat Muslim peroleh pada Muharram. Kiai Nurul berpesan bahwa hendaknya umat Muslim banyak melakukan kebaikan pada bulan ini.

baca juga: Gus Baha: Ada 2 Unsur dalam Shalawat, Penyelamat Pembacanya pada Hari Kiamat

"Di setiap bulan haram segala perbuatan dosa dan perbuatan terpuji yang dilakukan akan dilipatgandakan balasannya. Maka sangat dianjurkan bagi umat Muslim untuk melakukan berbagai kebaikan pada bulan ini," tutur Kiai Nurul Dilansir dari MUI Digital pada Selasa, (17/8).

Kiai Nurul menuturkan, di antara amalan yang sangat dianjurkan pada Muharram adalah berpuasa. Terutama pada 9 dan 10 Muharram atau yang populer dengan istilah puasa Tasua dan Asyura

baca juga: Terungkap, Ini Penyebab Munculnya Asap Berbau dari Tanah di Tanjuang Batuang Agam

Puasa Asyura ialah ibadah yang dijalankan pada 10 Muharram bertepatan pada Kamis, 19 Agustus 2021. Berasal dari kata asyrah dalam bahasa Arab, yang artinya sepuluh. Sementara sebelum ibadah puasa tersebut, dianjurkan memulai dengan puasa Tasua 9 Muharram atau Rabu, 18 Agustus 2021.

Kiai Nurul menjelaskan dianjurkan sebelum melakukan puasa Asyura untuk melakukan puasa Tasua terlebih dahulu hal ini karena umat Yahudi juga sering berpuasa pada 10 Muharram, sehingga untuk membedakan dengan mereka maka umat Muslim dianjurkan untuk puasa Tasua pada 9 Muharram.

baca juga: Wamenag: Dakwah Itu Membina, Bukan Menghina

Dalil keutamaan puasa Tasua dan Asyura antara lain:

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik puasa setelah bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, yaitu bulan Muharam. Dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR Muslim)

baca juga: Gubernur Sumbar Minta Masjid dan Pesantren Perkuat ABS-SBK

Niat Puasa Tasua:

Nawaitu shauma ghadin 'an adai sunnatit Tasu'ai lillahi Ta'ala.

Artinya: Saya niat puasa Tasua, sunah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Asyura:

Nawaitu shauma ghadin 'an adai sunnati Asyurai lillahi Ta'ala

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT."

Editor: Eko Fajri