Ikuti Tips Ini Agar Tepung di Rumah Anda Tidak Diserang Berkutu

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Tepung berpotensi berkutu jika tidak disimpan dengan baik? Nah, kutu ini selain tidak higienis tentu saja membuat kualitas dari tepung itu sendiri menjadi berkurang.

Sebab fungsinya yang penting untuk mengolah makanan ini, wajar saja jika persediaan tepung di rumah menumpuk. Agar awet dan tidak berkutu, alangkah baiknya persediaan tepung di rumah harus disimpan dengan benar.

baca juga: Anaknya Minta Ini Sebelum Tidur, Larissa Chou: Iya Nanti Ya

Lalu bagaimana cara simpan tepung agar tak berkutu? Nah, berikut simak cara simpan tepung agar tak berkutu yang dihimpun dari buku "Sim Salabim! Dari Tepung Magic Tercipta 25 Sajian Lezat" oleh Kamikoki.

Cara Simpan Tepung Agar Tak Berkutu

baca juga: Berdasarkan Astrologi, 4 Zodiak Ini Terkenal Keras Kepala

1. Letakkan Tepung di Lemari Dapur

Setelah tepung dimasukkan ke dalam wadah tertutup rapat, simpan pada lemari dapur yang kering dan gelap. Dengan cara ini akan membuat tepung mampu bertahan selama beberapa bulan, terlebih jika tidak terlalu sering dibuka-tutup.

baca juga: Ini 6 Fenomena Astronomi pada Oktober 2021

2. Simpan Tepung dalam Wadah Kedap Udara

Simpan tepung dalam wadah kedap udara agar membuatnya lebih awet. Pakailah wadah yang berbahan plastik yang agak tebal atau toples kaca. Sebelum dimasukkan ke dalam wadah, pastikan wadahnya dalam keadaan kering agar tepungnya tidak menggumpal.

baca juga: Salip Venom: Let There Be Carnage, No Time to Die Rajai Box Office Pekan Lalu

Setelah itu, pastikan tutup wadah selalu tertutup rapat agar tidak ada celah udara masuk. Udara inilah yang bisa menyebabkan tepung mudah didatangi kutu dan berbau tidak sedap.

3. Simpan Tepung dalam Freezer

Dilansir dari laman The Spruce Eats, cara simpan tepung agar tak berkutu dan awet dapat dengan meltakkannya di freezer. Cara penyimpanan ini akan membuat tepung bertahan hingga satu tahun.

Tetap pastikan wadah tepung selalu tertutup rapat sesudah digunakan. Jangan khawatir, suhu dingin freezer ini tak akan merubah rasa maupun aroma tepung.

4. Tambahkan silica gel

Kamu bisa tambahkan silica gel pada tempat penyimpanan tepung. Cara ini dilakukan agar tepung tetap dalam keadaan kering sehingga terhindar dari bau tengik dan berkutu.

Tetap pastikan silica gel yang digunakan aman untuk makanan sehingga tidak akan mengubah rasa dan aroma khas tepung.

5. Kemas Tepung dalam Ukuran Kecil

Cara simpan tepung agar tak berkutu berikutnya adalah dengan mengemasnya dalam ukuran kecil atau sekali pakai. Selanjutnya letakkan pada wadah kedap udara dan simpan pada lemari dapur. Cara ini akan membuat tepung menjadi awet karena tidak terpapar udara sekalipun dibuka-tutup.

Editor: Eko Fajri