Deretan Ide Lomba 17an yang Unik dan Kreatif dan Cara Memainkannya, Yuk Simak

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Meski di rumah saja, suasana peringatan HUT NKRI tak boleh meredup begitu saja. Karena masih ada yang bisa Anda lakukan bersama keluarga untuk tetap merayakannya dengan ramai.

Dilansir dari ruangmom, Berikut ini jenis lomba 17an yang unik dan kreatif serta dapat dilakukan di rumah.

baca juga: 187 SPKLU Untuk Kendaraan Listrik Sudah Tersedia di Seluruh Indonesia, Ini Sebarannya

1. Lomba Joget Balon

Jika Anda menginginkan jenis lomba 17an yang unik dan kreatif, maka lomba joget balon wajib ada dalam daftar. Permainan yang tidak pernah terlewat dari daftar lomba Agustusan ini hanya memerlukan balon.

baca juga: OJK: Tren Restrukturisasi Kredit Terus Melandai

Cara memainkannya, balon tersebut harus diapit menggunakan dahi atau perut oleh 2 pemain dalam 1 tim.

Selain itu, pemain haruslah mengapit balon sambil berjoget selama musik diputar. Bila balon terjatuh, maka tim tersebut dinyatakan kalah. Walau terdengar sederhana, namun pada kenyataannya joget balon tidak semudah yang Mom bayangkan, lho.

baca juga: Anggota Komisi III DPR Minta Polri Perbaiki Manajemen Pengendalian Massa

2. Lomba Cerdas Cermat

Merayakan HUT RI tidak hanya bisa dilakukan dengan adu ketangkasan saja, melainkan juga lomba tes pengetahuan. Tak perlu susah-susah, jenis lomba 17 agustus yang hemat biaya ini hanya memerlukan kertas dan spidol, kok.

baca juga: Ini Daftar 380 Masjid dan Musala Penerima Bantuan Terdampak Covid-19

Selain itu, Mom juga bisa memanfaatkan aplikasi kuis online untuk mengadakannya. Dengan memanfaatkan teknologi dalam keadaan pandemi seperti ini, Mom dan keluarga bisa merayakan lomba 17an yang unik dan kreatif di rumah masing-masing!

3. Lomba Menghias Masker

Jenis lomba 17 agustus terbaru yang bisa Mom coba di masa pandemi seperti saat ini ialah lomba menghias masker. Tentu, kehidupan sehari-hari kita kini sudah tak terlepas dari masker, bukan? Oleh karenanya, jenis lomba 17an yang unik dan kreatif ini akan menambah semangat keluarga Mom meski hanya di rumah saja.

Yang Mom butuhkan hanyalah gunting, cat warna, kain, manik-manik, lem, serta benang jahit. Nah, dengan alat dan bahan yang sangat sederhana tersebut Anda sudah bisa mengadakan perayaan ini bersama keluarga di rumah. Pasti si kecil akan sangat menyukainya!

4. Lomba Wudhu, Adzan, dan Iqamah

Salah satu daftar lomba 17 agustus yang hemat biaya lainnya ialah lomba wudhu, Adzan serta iqamah bagi yang Muslim. Selain melatih kelancaran dan keterampilan anak-anak, jenis lomba 17an yang unik dan kreatif ini mendorong keberanian, kepercayaan diri, serta semangatnya untuk beribadah, Mom.

Dengan begitu, anak pasti akan mencoba berusaha mempelajari tajwid hingga makhraj hurufnya dengan benar. Agar semakin seru, Anda juga dapat mengajak kerabat lain dengan melakukannya secara online, lho.

5. Lomba Memindahkan Karet Pakai Sedotan

Terdapat berbagai macam lomba 17an yang unik dan kreatif, salah satunya yang tak boleh dilewatkan adalah memindahkan karet menggunakan sedotan. Kompetisi yang hanya memerlukan sedotan dan karet ini pada dasarnya bertujuan untuk melatih fokus, kerjasama dan solidaritas para pemain.

Cara bermainnya ialah dengan membuat kelompok. Kemudian, tiap tim harus memindahkan karet dengan sedotan menggunakan mulut tanpa bantuan tangan. Kelompok yang paling cepat dan paling banyak adalah pemenangnya.

6. Lomba Game Online

Saat pandemi, anak-anak Mom pasti menjadi lebih suka bermain game untuk menghilangkan kejenuhan dan rasa bosan selama di rumah. Sehingga tak ada salahnya menantang si kecil menunjukkan kemampuannya dengan mengadakan turnamen game online, Mom. Ada banyak jenis permainan online yang bisa dijadikan daftar lomba 17an yang unik dan kreatif.

Anda bisa mengajak teman-temannya, kerabat, atau suami untuk ikut serta dalam pertandingan game yang dilakukan secara online di rumah masing-masing. Agar semakin mendorong semangat anak, Mom dapat menyiapkan hadiah bagi para pemenangnya.

7. Lomba Tebak Benda dalam Kardus

Dari banyaknya jenis lomba 17 agustus yang unik dan lucu, lomba tebak benda dalam kardus dijamin tak kalah seru untuk dicoba. Caranya, Mom perlu menyiapkan sebuah kardus yang kemudian diberikan lubang sebesar tangan pada sisi kanan dan kirinya.

Setelah itu, masukkan berbagai benda ke dalam kotak untuk kemudian ditebak oleh yang lainnya dengan cara merabanya melalui lubang yang telah dibuat. Selain asyik, jenis lomba 17 Agustus terbaru ini dapat melatih kemampuan berkhayal si kecil, lho!

8. Lomba Joget Tiktok

Salah satu jenis lomba 17 agustus yang unik dan lucu ialah lomba joget tiktok. Seperti yang Anda ketahui, sejak pandemi berlangsung tiktok menjadi platform media sosial yang paling ramai digunakan.

Bahkan, Mom juga pasti sudah tidak asing lagi dengan tarian dan lagu-lagu yang booming. Selain seru dan lucu, jenis lomba 17 agustus terbaru ini bisa dijadikan sebagai ajang kreatifitas anak dan keluarga tanpa harus keluar rumah.

9. Lomba Rias Mata Tertutup

Jenis lomba 17 agustus yang unik dan lucu lainnya ialah merias dengan mata tertutup. Bagi Mom yang merasa jago, jangan dulu terlalu percaya diri. Pasalnya, Mom harus berlomba merias wajah pasangan bermain Anda tanpa bisa melihat apapun.

Namun saat merias, pasangan bermain Anda berhak untuk memberikan instruksi. Mom dapat mengadakan kompetisi ini bersama anak-anak dan keluarga Anda di rumah hanya dengan modal alat rias. Jangan kaget dengan hasilnya, pasti menggelikan!

10. Lomba Tebak Kata

Dari semua jenis lomba 17 agustus terbaru di atas, ada yang paling mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak persiapan, yaitu lomba tebak kata. Dalam permainan ini, Mom hanya butuh kertas dan alat tulis untuk menuliskan sebuah kosakata.

Pertama-tama, buatlah beberapa tim yang berpasangan. Lalu, gunakan beberapa kosakata yang sudah dibuat untuk kemudian diperagakan oleh salah satu anggota dan ditebak oleh anggota lainnya. Meski terdengar sangat sederhana, namun dijamin perayaan lomba Agustusan Mom bersama keluarga di rumah tidak akan terlupakan.

Itu dia daftar lomba 17an yang unik dan kreatif untuk memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia meski Mom dan keluarga hanya di rumah.

Berbagai jenis lomba 17 Agustus yang diadakan tersebut pada dasarnya bertujuan untuk mempererat rasa solidaritas kita sebagai warga negara Indonesia. So, mana saja yang sudah pernah Mom ikuti?

Editor: Eko Fajri