Varian Delta Disebut Menular Seperti Cacar Air

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Varian Delta disebut menular seperti cacar air dan jauh lebih menular daripada pilek atau flu biasa. Varian ini dapat ditularkan bahkan oleh orang yang divaksinasi, dan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius daripada jenis virus corona sebelumnya.

Dilansir dari Reuters, Senin (2/8) hal tersebut berdasarkan dokumen Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) yang bocor. CDC mengkonfirmasi keaslian dokumen tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh Washington Post.

baca juga: 500 Siswa SMAN 1 Padang Lakukan Vaksinasi Covid-19

Dokumen berjudul Meningkatkan Komunikasi Seputar Terobosan Vaksin dan Efektivitas Vaksin ini mengatakan varian tersebut memerlukan pendekatan baru untuk membantu masyarakat memahami bahayanya, termasuk memperjelas bahwa orang yang tidak divaksinasi 10 kali lebih mungkin sakit parah atau meninggal daripada mereka yang divaksinasi.

"Akui perang telah berubah. Tingkatkan komunikasi seputar risiko individu di antara yang divaksinasi," tulis dokumen tersebut.

baca juga: Tidak Hanya Corona, Menko PMK Minta Panitia Perhatikan Potensi Penyakit Malaria Saat PON Papua

Adapun langkah-langkah pencegahan yang direkomendasikan termasuk membuat vaksin wajib bagi para profesional perawatan kesehatan untuk melindungi yang rentan dan kembali ke pemakaian masker wajah secara universal.

Sementara orang yang divaksinasi lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi, begitu mereka tertular varian Delta. Mereka juga sekarang sama mungkinnya dengan yang tidak divaksinasi untuk menularkan penyakit itu kepada orang lain.

baca juga: Anda Mengalami Sejumlah Masalah di Kulit Wajah, Mungkin Kurang Tidur Penyebabnya

"Virus yang tinggi menunjukkan peningkatan risiko penularan dan menimbulkan kekhawatiran bahwa, tidak seperti varian lain, orang yang divaksinasi yang terinfeksi Delta dapat menularkan virus," kata kepala CDC Rochelle Walensky.

Editor: Eko Fajri