Anda Diserang Batuk, Ini Buah-buahan yang Bisa Bantu Menyembuhkan

Lemon
Lemon (net)

KLIKPOSITIF - Batuk merupakan tanda adanya gangguan pernapasan seperti pilek, flu, alergi, maupun asma. Namun dari sisi baiknya, batuk sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Pasalnya saat batuk tubuh mengeluarkan lendir, mikroba, dan benda asing dari saluran pernapasan. Ini dapat membantu kita terlindung dari infeksi dan peradangan paru-paru.

baca juga: Kasus Covid-19 Sepekan Terakhir Menurun, Apakah PPKM Masih Lanjut?

Untuk mencegah terjadinya batuk anda dapat mengkonsumsi beberapa jenis buah. Dilansir dari hellosehat kandungan nutrisi pada buah-buahan ini dapat menekan frekuensi batuk, mengurangi peradangan akibat infeksi di saluran napas, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut jenis buah-buahannya:

Lemon

Kandungan vitamin C yang melimpah pada buah lemon memiliki berbagai manfaat dalam mengatasi penyakit. Vitamin C dapat membantu sistem imun untuk menghentikan infeksi virus atau bakteri penyebab batuk. Zat ini meningkatkan produksi limfosit yaitu sel darah putih yang berada dalam lini depan pertahanan tubuh untuk membasmi virus atau bakteri.

baca juga: Tidur Siang Sangat Penting bagi Pertumbuhan Anak, Ini Manfaatnya

Jenis vitamin ini juga memiliki sifat antioksidan. Artinya, kandungan antioksidan di dalam buah lemon dapat meningkatkan perlindungan pada sel-sel tubuh dari serangan molekul radikal bebas yang berbahaya. Manfaat lainya, vitamin C dalam buah lemon bisa mempercepat pemulihan luka pada tubuh, termasuk mengatasi peradangan yang disebabkan oleh infeksi di saluran napas. Itu sebabnya, konsumsi buah lemon bisa membuat batuk lebih cepat mereda. Untuk ramuan obat batuk alami, campurkan perasan buah ini ke dalam larutan jahe dan madu.

Apel

baca juga: Pernah Mengalami Ereksi Spontan? Ereksi Tanpa Rangsangan Seksual, Ini yang Perlu Anda Diketahui

Pada apel, terdapat kandungan vitamin C dan flavonoid yang mendukung pemulihan berbagai penyakit pernapasan penyebab batuk, seperti PPOK, bronkitis, emfisema. Laporan yang dipublikasikan dalam John Hopskin Bloomberg School of Public Health menyebutkan bahwa konsumsi apel secara rutin dapat memperbaiki fungsi paru-paru secara keseluruhan. Anda bisa mengonsumsi apel secara langsung untuk mendapatkan manfaat buah ini dalam mengatasi batuk.

Nanas

Pada buah nanas terdapat enzim bromelain yang befungsi meredakan peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Di samping itu, bromelin dapat berfungsi selayaknya obat batuk mukolitik yang dapat memecah penggumpalan dahak di tenggorokan. Artinya, buah nanas merupakan buah yang bagus untuk mengurangi batuk berdahak. Untuk mendapatkan manfaat buah ini secara maksimal dalam meredakan batuk, minumlah jus nanas tanpa gula. Meski begitu, Anda juga perlu berhati-hati dengan reaksi alergi bromelain di dalam tubuh. Hal ini biasanya dialami oleh pasien yang mengonsumsi antibiotik dan obat pengencer darah.

Jeruk nipis

baca juga: Anda Sering Menderita karena Sariawan, Ini Obat Alami untuk Mengobatinya

Buah yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia ini memiliki kandungan minyak atsiri yang mampu melemaskan otot-otot pernapasan dan melembapkan tenggorokan. Manfaat dari buah ini sangat bermanfaat untuk Anda yang mengalami batuk kering berkepanjangan penyebab tenggorokan perih dan gatal. Selain itu, jeruk nipis mengandung berbagai zat antimikroba yang dapat membantu menangkal infeksi virus dan bakteri penyebab batuk.Salah satu cara populer untuk mengolah jeruk nipis sebagai obat batuk alami adalah mencampur buah ini dengan kecap manis. Cara ini dapat mengurangi rasa asam yang kuat dari jeruk nipis.

Editor: Ramadhani