Minyak Alpukat, Ini Ternyata Manfaatnya Bagi Kesehatan

Alpukat
Alpukat (net)

KLIKPOSITIF - Selain sehat dikonsumsi secara langsung, berbagai olahan dari alpukat ternyata juga bermanfaat. Salah satunya adalah minyak alpukat.

Minyak alpukat memiliki sederet manfaat tak terduga untuk kesehatan kulit. Dilansir dari hellosehat berikut ini sejumlah manfaat minyak alpukat:

Merawat kesehatan kulit kepala

baca juga: Kasus Covid-19 Sepekan Terakhir Menurun, Apakah PPKM Masih Lanjut?

Minyak alpukat memiliki manfaat untuk mengurangi ketombe dan masalah lain yang disebabkan oleh kulit kepala yang kering dan bersisik. Minyak alpukat bisa dioleskan dari akar hingga ke ujung rambut. Tutup rambut dengan handuk hangat agar minyaknya menyerap maksimal. Diamkan dengan selama beberapa saat sebelum dibilas.Mempercepat penyembuhan luka

Sebuah penelitian dari jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada tikus membuktikan asam lemak esensial dan asam oleat dalam minyak alpukat mempercepat sintesis kolagen untuk membantu menutup luka terbuka. Selain itu, asam lemak dalam minyak alpukat memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan selama proses penyembuhan. Dengan begitu, luka sembuh lebih cepat untuk dapat pulih seperti semula.

baca juga: Tidur Siang Sangat Penting bagi Pertumbuhan Anak, Ini Manfaatnya

Mengurangi peradangan psoriasis dan eksim

Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam minyak alpukat membantu meredakan gejala psoriasis dan eksim. Minyak alpukat memiliki manfaat untuk mengatasi kekeringan, iritasi, dan sisik pada kedua penyakit kulit tersebut.

Mengurangi dan mencegah jerawat

baca juga: Pernah Mengalami Ereksi Spontan? Ereksi Tanpa Rangsangan Seksual, Ini yang Perlu Anda Diketahui

Kegunaan minyak alpukat lain bisa dirasakan untuk Anda yang sedang atau rentan berjerawat. Minyak ini termasuk salah satu bahan alami yang bisa menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa meninggalkan kesan berminyak. Untuk mengurangi risko kemunculan muka berjerawat, gunakan minyak alpukat di wajah sambil didiamkan beberapa saat. Kemudian, bilaslah dengan air hangat untuk menghilangkan kesan berminyak di wajah.

Selain itu, minyak alpukat juga mengandung senyawa antiradang yang bagus untuk membantu menghilangkan jerawat. Senyawa ini membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada jerawat yang Anda miliki.

baca juga: Anda Sering Menderita karena Sariawan, Ini Obat Alami untuk Mengobatinya

Editor: Ramadhani