Agar Sayuran Tidak Kehilangan Gizi, Begini Cara Memasaknya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Memasak sayuran ternyata memerlukan pengetahuan dan teknik yang benar. Untuk membuat sayur tidak kehilangan gizi ada sejumlah cara yang bisa dilakukan.

Proses pengolahan sayuran sudah dimulai sejak membersihkan sayuran yang hendak dimasak. Kita perlu memotong sayuran dalam ukuran yang sama agar tingkat kematangannya merata.

baca juga: Kasus Covid-19 Sepekan Terakhir Menurun, Apakah PPKM Masih Lanjut?

Berikut ini sejumlah tips memasak sayuran agar zat gizi di dalamnya tidak hilang:

Cuci sayuran dengan air mengalir.

baca juga: Tidur Siang Sangat Penting bagi Pertumbuhan Anak, Ini Manfaatnya

Sebelum mulai memasak, Anda perlu mencuci sayuran dengan benar terlebih dahulu. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri, kuman, maupun sisa pestisida pada sayuran yang dapat merugikan kesehatan .

Cucilah sayuran dengan air mengalir, bukan dengan merendamnya. Merendam sayuran hanya akan menghilangkan vitamin B kompleks dan vitamin C yang larut air. Gunakan pula air bersuhu suam-suam kuku, sebab suhu panas bisa merusak vitamin C.

baca juga: Pernah Mengalami Ereksi Spontan? Ereksi Tanpa Rangsangan Seksual, Ini yang Perlu Anda Diketahui

Potong sayuran dalam bentuk yang besar. Semakin kecil potongan sayuran, semakin banyak zat gizi yang akan hilang saat proses masak. Pastikan Anda memotong sayuran dalam bentuk yang cukup besar.

Jika sayuran tersebut berukuran kecil, Anda pun bisa memasaknya dalam kondisi utuh. Jika tidak suka potongan sayuran yang besar, Anda dapat memotong sayuran menjadi kecil-kecil setelah memasaknya. Bila sayuran sudah matang, kandungan zat gizinya tidak akan hilang.

baca juga: Anda Sering Menderita karena Sariawan, Ini Obat Alami untuk Mengobatinya

Cara memasak sayur yang benar yaitu dengan memerhatikan waktu, suhu, dan jumlah air yang Anda gunakan. Waktu memasak yang terlalu lama dan suhu yang terlalu tinggi dapat menghilangkan kandungan vitamin B1 dan vitamin B3 sebanyak 60%.

Selain itu, vitamin C pada sayuran dapat rusak bila terlalu lama terkena air. Untuk mengatasi hal ini, cobalah mengolah sayuran dengan cara dikukus. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa teknik ini bisa menjaga kandungan vitamin C sebesar 80%.

Editor: Ramadhani