Hindari Dampak Kekurangan Vitamin pada Kulit, Konsumsi Makanan-makanan Ini

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Kekurangan vitamin dapat menyebabkan beberapa masalah kulit , seperti kulit kusam, pigmentasi, kulit sensitif, kulit kering hingga produksi sebum yang berlebih.

Dirangkum dari The Healthsite, berikut beberapa dampak kekurangan vitamin yang berkontribusi untuk kesaehatan kulit .

baca juga: Kasus Covid-19 Sepekan Terakhir Menurun, Apakah PPKM Masih Lanjut?

1. Vitamin D

Rendahnya tingkat Vitamin D terkait dengan kekeringan kulit dan dalam beberapa kasus dikaitkan dengan risiko psoriasis dan dermatitis atopik. Kurangnya konsumsi vitamin D diketahui dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan juga dapat membuat kulit menua lebih cepat.

baca juga: Tidur Siang Sangat Penting bagi Pertumbuhan Anak, Ini Manfaatnya

Beberapa sumber makanan terbaik vitamin D yang bisa Anda konsumsi adalah jus jeruk, oatmeal, sereal, susu kedelai, susu sapi, salmon, jamur, dan kuning telur.

2. Vitamin E

baca juga: Pernah Mengalami Ereksi Spontan? Ereksi Tanpa Rangsangan Seksual, Ini yang Perlu Anda Diketahui

Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan beberapa gangguan kulit seperti kulit kering, penuaan dini dan munculnya kerutan. Asupan Vitamin E dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan menjaga kondisi kulit .

Vitamin E dapat ditemukan di semua jenis sayuran berdaun hijau serta dalam buah-buahan seperti pepaya, dan buah-buahan kering serta kacang-kacangan dan biji-bijian.

baca juga: Anda Sering Menderita karena Sariawan, Ini Obat Alami untuk Mengobatinya

3. Vitamin K

Rendahnya tingkat Vitamin K dapat menyebabkan masalah kulit seperti bintik hitam, bekas luka dan lingkaran di bawah mata. Selain itu kekurangan vitamin K juga menahan tubuh dalam penyembuhan dari masalah kulit seperti memar atau bengkak. Asupan Vitamin K dapat mengobati sejumlah kondisi maupun masalah kulit yang menyebabkan kulit sensitif.

4. Vitamin B

Kekurangan vitamin B dapat mendatangkan beragam masalah pada kulit . Seperti menyebabkan jerawat, ruam, kulit kering dan bersisik, bibir pecah-pecah, dan kerutan. Ini juga dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari, produk perawatan pribadi, menyebabkan kemerahan dan iritasi.

Vitamin B menawarkan segudang manfaat kesehatan kulit , tetapi dua yang paling signifikan adalah regenerasi sel dan menghilangkan stres.

5. Vitamin C

Vitamin C berperan dalam produksi kolagen dan menjaga kesehatan kulit . Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kulit terlihat kering, meradang, keriput dan menyebabkan bintik-bintik penuaan. Jika Anda tidak memiliki cukup vitamin C, Anda bisa makan lebih banyak makanan seperti buah jeruk, stroberi, brokoli, bayam, dan minum jus jeruk.

Editor: Eko Fajri