Benarkah Minum Air Dingin Berbahaya Saat Cuaca Panas?

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Minum air dingin atau minum air es memang sangat melegakan ketika cuaca panas. Umumnya, ahli kesehatan merekomendasikan semua orang untuk minum air setidaknya 2 hingga 4 liter sehari dan sedikit lebih banyak ketika cuaca panas.

Tapi, beberapa orang akan menambahkan es batu agar lebih segar ketika cuaca panas.

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

Tapi minum air dingin atau minum air es diyakini bisa mengganggu kerongkongan yang menyebabkan gejala tak menyenangkan.

Gejala tak menyenangkan ini termasuk kram perut atau nyeri dada, yang merupakan gejala khas kejang esophagus. Orang-orang mengklaim gejala itu membuat tubuh menjadi syok.

baca juga: Bukan untuk Alat Bantu Seks Wanita, Ini Sebenarnya Fungsi Vibrator

Namun Dilansir dari Express, para professional kesehatan percaya ada masalah kesehatan mendasar yang menyebabkan seseorang bisa jatuh pingsan ketika cuaca panas, tak hanya karena minum air dingin.

Pada kondisi yang paling parah, seperti kelelahan karena panas, dehidrasi dan lainnya juga bisa menyebabkan seseorang pingsan. Para ahli sepakat bahwa semua kondisi itu sangat meningkatkan risiko seseorang jatuh pingsan ketika cuaca panas.

baca juga: Ilmuwan Selidiki Penyebab Varian Omicron Punya Banyak Mutasi

Semua orang yang berada di bawah sinar matahari langsung mungkin akan merasa pusing, bila mereka melakukan aktivitas fisik mendadak. Heatstroke adalah risiko kesehatan khusus akibat kondisi ini sehingga orang-orang harus mewaspadainya.

Adapun penyebab serangan panas, antara lain, Mual, Sakit kepala dan pusing, Kebingungan, Kehilang nafsu makan, keringat berlebihan, Kram kaki, perut dan lengan kram, demam tinggi, detak jantung cepat dan pernapasan cepat, serta rasa haus yang berlebihan.

baca juga: Tidak Hanya Asma, Ini Penyebab-penyebab yang Bisa Sebabkan Sesak Napas

Editor: Eko Fajri