Hari Raya Kurban, Ini Jenis Daging yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Daging
Daging (net)

KLIKPOSITIF - Hari ini umat islam merayakan Iduladha. Biasanya saat iduladha konsumsi daging sering berlebih dari biasanya.

Kebiasaan lonsumsi berlebihan dapat berakibat buruk untuk kesehatan , khususnya bagi penderita diabetes. Dilansir dari hellosehat pengidap diabetes perlu menghindari makanan dengan lemak jenuh, termasuk olahan sapi.

baca juga: Ini Pengobatan Rumahan yang Dapat Meredakan Gejala Gatal pada Miss V

Sejumlah penelitian telah menunjukkan adanya pengaruh konsumsi daging terhadap peningkatan risiko penyakit diabetes. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2014 mengungkap mereka yang rutin daging merah memiliki risiko mengidap diabetes yang lebih tinggi daripada mereka yang mengurangi konsumsi daging.

Pengidap diabetes memang tetap diperbolehkan mengonsumsi daging merah, tetapi hanya dalam jenis dan jumlah tertentu. Berikut jenis-jenis daging merah yang tergolong aman untuk penderita diabetes:

Daging tanpa lemak

baca juga: Penelitian: Satu Dosis Vaksin AstraZeneca Bisa Berikan Tingkat Perlindungan 88 Persen

Makanan ini mengandung 3 gram lemak dan 55 kalori dalam 1 ons. Daging merah tanpa lemak termasuk berikut:

beberapa bagian daging sapi, seperti flank steak dan tenderloin, bagian-bagian tertentu daging babi, seperti tenderloin, daging sapi muda.

baca juga: Agar Sayuran Tidak Kehilangan Gizi, Begini Cara Memasaknya

Daging dengan lemak sedang.

Makanan ini perlu dibatasi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak karena kandungan lemaknya yang agak tinggi. Pada 1 ons daging dengan lemak sedang terdapat 5 gram lemak dan 75 kalori. Daging merah jenis ini termasuk:

baca juga: Semangat Berkurban Korpri Tanah Datar, Idul Adha Momentum Peduli Sesama di Tengah Pandemi

daging sapi giling,

sapi panggang,

daging babi bagian pinggang,

hampir semua bagian daging kambing.

Sementara itu, jenis-jenis daging yang perlu dihindari adalah daging dengan tinggi lemak, termasuk: beberapa bagian sapi, seperti iga, daging babi giling dan yang telah diolah menjadi sosis, daging sapi olahan, termasuk kornet.

Editor: Ramadhani