Ini Cara Terhindar dari Sakit, Akibat Lama Bekerja dalam Posisi Duduk

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Aturan PPKM Darurat yang diterapkan pemerintah membuat banyak orang harus bekerja dari rumah atau Work From Home. Sebagian besar waktu kerja dihabiskan di depan layar komputer atau laptop.

Posisi duduk dan bekerja seharian di depan komputer kerap membuat badan kaku, pegal, dan sakit. Dilansir dari hellosehat menurut para ahli, kekakuan ini bisa berujung pada sakit kepala.

baca juga: Ini Pengobatan Rumahan yang Dapat Meredakan Gejala Gatal pada Miss V

Untuk mencegah kondisi ini terjadi ada sejumlah cara yang bisa anda coba. Yang pertama usahakan untuk menempatkan monitor komputer atau laptop sejajar dengan mata. Dengan begitu, leher tak perlu menekuk. Jika tak memungkinkan untuk mengubah tinggi meja, gunakanlah bantalan tambahan untuk laptop atau komputer yang banyak dijual di pasaran.

Soalnya saat bekerja di depan komputer, leher sakit bisa terjadi karena posisi kepala yang cenderung menekuk atau condong ke bawah. Hal ini membuat leher menjadi seperti titik tumpu bagi kepala. Jika dilakukan setiap hari selama berjam-jam tak mengherankan leher Anda akan terasa kaku dan sakit.

baca juga: Penelitian: Satu Dosis Vaksin AstraZeneca Bisa Berikan Tingkat Perlindungan 88 Persen

Selain menyesuaikan posisi layar dengan mata, Anda juga perlu menemukan posisi duduk yang tepat untuk mencegah kaku pada leher berujung rasa sakit. Postur tubuh yang buruk saat duduk membuat Anda rentan terkena sakit leher dan punggung. Mulai sekarang cobalah untuk duduk lebih rileks dengan posisi bersandar dan bagian belakang kursi yang tetap tegak. Pastikan posisi siku dan tangan bertumpu pada meja, tidak menggantung. Untuk posisi kaki, usahakan rata menyentuh lantai.

Sangat penting untuk meregangkan badan. Biasakan untuk bangun dan berjalan-jalan sejenak selama 30 menit sekali jika memungkinkan untuk mencegah leher tegang yang berujung pada rasa sakit.

baca juga: Agar Sayuran Tidak Kehilangan Gizi, Begini Cara Memasaknya

Jika tumpukan pekerjaan membuat Anda tak bisa beranjak dari kursi usahakan untuk melakukan beberapa peregangan sederhana sambil duduk. Misalnya saja dengan posisi seperti ngulet, menarik tangan ke atas, memutar bahu, dan memutar kepala dengan perlahan searah jarum jam dan sebaliknya. Hal itu dilakukan semata-mata agar Anda terhindar dari sakit leher dan punggung.

Editor: Ramadhani