Varian Delta Rentan Menyerang Anak-anak dan Lebih Mudah Menular, Ini Saran Dokter Bagi Orangtua Untuk Lindungi Buah Hati

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Virus corona varian Delta yang lebih menular daripada varian lainnya ini sangat rentan menyerang orang yang belum suntik vaksin Covid-19.

Sedangkan, banyak anak-anak yang masih belum mendapatkan vaksin Covid-19, terutama anak usia di bawah 12 tahun.

baca juga: 500 Siswa SMAN 1 Padang Lakukan Vaksinasi Covid-19

Di sisi lain, beberapa orangtua mungkin bingung caranya melindungi anak-anak mereka dari varian Delta.

Dr. Peter Hotez, dekan National School dari Tropical Medicine di Baylor College of Medicine mengatakan, jika anak-anak Anda sudah besar dan cukup memahami situasi sekarang harus memakai masker. Maka mereka harus memakai masker ketika berada di dalam maupun di luar ruangan, setidaknya sampai penyebaran varian Delta ini terkendali.

baca juga: Tidak Hanya Corona, Menko PMK Minta Panitia Perhatikan Potensi Penyakit Malaria Saat PON Papua

"Anak-anak lebih aman di daerah seperti Timur Laut, yang tingkat penyebaran varian Delta lebih rendah. Bila Anda berada di wilayah dengan penyebaran varian Delta cukup banyak dan tingkat vaksinasi masih rendah, maka anak-anak dan orang dewasa di sekitarnya harus tetap memakai masker," katanya.

"Hal ini membutuhkan kesadaran orangtua atau orang dewasa siapa pun di sekitar anak-anak yang belum vaksinasi untuk memahami situasi di wilayahnya, baik tingkat penyebaran virusnya maupun vaksinasinya," jelasnya.

baca juga: Anda Mengalami Sejumlah Masalah di Kulit Wajah, Mungkin Kurang Tidur Penyebabnya

Dr. Vivek Murthy, Ahli Bedah Umum AS, mengatakan alangkah lebih baik orang dewasa dan orangtua yang memiliki anak-anak belum vaksinasi untuk memakai masker meskipun di dalam ruangan.

Apalagi, mereka yang berada di wilayah dengan tingkat penyebaran virus corona lebih tinggi.

baca juga: Kasus Covid-19 Sepekan Terakhir Menurun, Apakah PPKM Masih Lanjut?

"Jika anak-anak Anda belum cukup umur untuk vaksinasi, mereka harus menggunakan masker ketika berada di luar ruangan," kata Dr Anthony Fauci, Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular.

Namun, Dr Yvonne Maldonado, ketua American Academy of Pediatrics' Committee on Infectious Diseases, mengatakan bahwa memvaksinasi orang dewasa dapat melindungi anak-anak dengan lebih baik, bahkan jika virus lebih mudah menular.

Editor: Eko Fajri