Sejumlah Latihan Yoga Ini Bisa Bantu Bakar Lemak Anda

ilustrasi Yoga
ilustrasi Yoga (net)

KLIKPOSITIF - Para ahli menyebut latihan yoga bersama dengan meditasi dapat membakar lebih banyak kalori. Dilansir dari LiveScience, Beth A. Lewis, profesor dari University of Minnesota School of Kinesiology, Amerika Serikat menyatakan satu jam latihan yoga dapat membakar kalori lebih banyak daripada berjalan kaki dengan durasi yang sama.

Sebagai perbandingan, berjalan kaki selama satu jam bisa membakar sekitar 266 kalori, sementara yoga mampu membakar 288 kalori. Tak hanya itu, yoga juga membantu pembentukan kekuatan otot tubuh. Biasanya otot-otot yang bekerja saat yoga adalah otot lengan, otot inti, hamstring, bokong, dan betis. Melatih otot-otot ini bisa membentuk dan menambah massa otot, sama halnya ketika Anda berolahraga di gym.

Apabila membandingkannya dengan lemak tubuh, massa otot yang bertambah memiliki potensi untuk membakar lebih banyak kalori tubuh. Bahkan ketika otot-otot tersebut sedang tidak bekerja setelah berolahraga. Yoga termasuk olahraga yang bermanfaat menguatkan otot jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah bisa mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat untuk memasok oksigen ke sel-sel otot.

baca juga: Ini Pengobatan Rumahan yang Dapat Meredakan Gejala Gatal pada Miss V

Hal ini memungkinkan sel tubuh untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan saat istirahat setelahnya. Semakin banyak kalori yang terbakar, semakin cepat metabolisme tubuh Anda bekerja untuk membakar timbunan lemak.Dilansir dari hellosehat pilihan gerakan yoga untuk menurunkan berat badan bagi pemula ini cukup mudah Anda lakukan dan hanya butuh 10 menit saja. Berikut jenis gerakan yoga beserta langkah-langkah melakukannya untuk menurunkan berat badan dan bisa Anda lakukan setiap hari.

Boat pose7

baca juga: Penelitian: Satu Dosis Vaksin AstraZeneca Bisa Berikan Tingkat Perlindungan 88 Persen

Sesuai namanya, boat pose akan membuat tubuh Anda terlihat mengambang seperti perahu. Pose ini melatih keseimbangan tubuh, sekaligus kekuatan otot punggung, panggul, dan perut. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti cara mudahnya seperti berikut ini.

Duduk pada matras dan rapatkan kedua kaki lurus ke depan. Kemudian, tekuk kedua lutut dan dekatkan ke arah dada Anda.

baca juga: Agar Sayuran Tidak Kehilangan Gizi, Begini Cara Memasaknya

Perlahan angkat kedua kaki ke udara hingga lutut kembali lurus. Kencangkan otot perut dan tegakkan dada.

Untuk menjaga keseimbangan, arahkan kedua lengan ke depan. Tahan posisi tubuh seperti membentuk huruf "V".

baca juga: Kasus Kematian Bayi di Pariaman Meningkat, Dinkes Sedang Cari Penyebabnya

Arahkan pandangan Anda ke depan sambil melakukan napas panjang. Tahan posisi ini selama 30 detik dan lakukan pengulangan secukupnya.

Four-limbed staff pose

Four-limbed staff pose mungkin lebih Anda kenali sebagai gerakan plank. Salah satu manfaat plank adalah mengencangkan otot perut yang bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Walaupun gerakannya terlihat sangat sederhana, Anda perlu melakukan pose ini dengan benar.

Posisi tubuh tengkurap menghadap matras, gunakan kedua telapak tangan dan kedua ujung jari kaki sebagai tumpuan.

Pastikan kondisi kaki Anda lurus ke belakang. Sementara lengan menekuk dengan sudut 90 derajat di sisi tubuh dengan telapak tangan menahan tubuh bagian atas Pertahankan plank pose dengan pandangan mata menghadap matras dan tubuh tetap lurus sambil mengencangkan otot perut.

Tahan posisi ini selama 1 menit dan lakukan pengulangan secukupnya.

Seated forward bend

Selain untuk program diet Anda, pose seated forward bend yang Anda lakukan dalam posisi duduk ini menjadi salah satu gerakan yoga untuk mengatasi sakit pinggang. Memadukan teknik peregangan dan pernapasan, Anda bisa melakukan pose ini dengan langkah-langkah berikut ini. Duduk pada lantai atau matras, kemudian rapat dan luruskan kedua kaki ke depan.

Dorong tubuh Anda secara perlahan dan usahakan tangan Anda mampu meraih jari-jari kaki. Jika kondisi perut belum memungkinkan, lakukan gerakan ini semampunya saja.

Sebaiknya lutut Anda tetap lurus dan tidak menekuk. Tetapi kalau merasa sakit, tekuk sedikit lutut atau beri bantal penyangga pada bagian bawah lutut. Tahan posisi ini selama 2-3 menit dan kembali ke posisi semula.

Upward-facing dog

Upward-facing dog adalah gerakan yoga yang melibatkan peregangan otot lengan dan perut. Pose ini juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki postur bahu, dada, dan tulang belakang. Urutan melakukan gerakan yoga untuk menurunkan berat badan ini Anda bisa ikuti sebagai berikut.

Editor: Ramadhani