Selain untuk Bahan Makanan, Yoghurt Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Yoghurt
Yoghurt (net)

KLIKPOSITIF - Selain sebagai bahan makanan, yoghurt juga dimanfaatkan sebagai bahan utama produk perawatan alami berbentuk masker atau scrub.

Yoghurt mengandung begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain energi, protein, dan karbohidrat, produk yang dihasilkan dari fermentasi susu ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral Seperti bahan bakunya, yoghurt kaya akan kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, dan vitamin B kompleks. Jenis vitamin yang tidak terdapat secara alami pada yoghurt yakni vitamin D, tapi ini telah disiasati melalui fortifikasi terhadap berbagai merk yoghurt.

Dari seratus gram yoghurt tawar, 88 gram di antaranya yaitu air. Tingginya kadar air dalam yoghurt dapat membantu Anda melembapkan kembali kulit kering dan kusam. Hasilnya yaitu kulit wajah yang kenyal, elastis, dan lebih cerah. Anda dapat membuat masker sendiri dari yoghurt yakni dengan menyiapkan 4 sendok makan yoghurt tawar, 1 sendok makan bubuk cokelat, dan 1 sendok makan madu.Masukkan semua bahan tersebut dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan pada seluruh wajah dan leher Anda dan diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih, lalu keringkan wajah Anda dengan handuk.

baca juga: Ini Pengobatan Rumahan yang Dapat Meredakan Gejala Gatal pada Miss V

Manfaat yoghurt untuk kulit juga dapat diaplikasikan pada masalah selain kulit kusam. Kandungan zinc dan senyawa asam pada yoghurt, salah satunya, dapat membantu Anda menghilangkan jerawat yang membandel. Caranya cukup dengan menempelkan kapas ke yoghurt tawar, lalu oleskan pada area yang berjerawat. Biarkan selama semalam, lalu bilas dengan air dingin esok harinya. Untuk mencegah penyebaran jerawat, gunakan kapas hanya pada satu area saja.

Asam laktat pada yoghurt punya manfaat untuk atasi garis halus wajah? Dengan scrub alami berbahan yoghurt, Anda dapat menyingkirkan lapisan sel kulit mati dan cikal-bakal keriput yang membuat wajah tampak menua lebih dini. Anda hanya membutuhkan 2 sendok makan yoghurt tawar dan 1 sendok makan oat. Campurkan keduanya hingga rata, lalu oleskan ke seluruh wajah dan leher Anda. Pijat lembut selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

baca juga: Penelitian: Satu Dosis Vaksin AstraZeneca Bisa Berikan Tingkat Perlindungan 88 Persen

Editor: Ramadhani