Sering Mengantuk Setelah Makan, Begini Cara Mengatasinya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Banyak orang diserang rasa kantuk begitu selesai makan. Menguap dan mengantuk ini merupakan respons tubuh terhadap perubahan biokimia yang terjadi setelah makan.

Salah satu penyebabnya yakni adanya produksi hormon serotonin dan melatonin yang dapat menyebabkan kantuk. Produksi hormon serotonin bisa meningkat saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat.

baca juga: Ini Pengobatan Rumahan yang Dapat Meredakan Gejala Gatal pada Miss V

Kurang tidur atau tidak melakukan apa pun setelah makan juga bisa memicu rasa kantuk ini. Beberapa alasan terkait kondisi kesehatan juga bisa menyebabkan mengantuk setelah makan seperti penyakit celiac, diabetes, intoleransi makanan, dan anemia.

Dilansir dari hellosehat beberapa hal di bawah ini bisa dilakukan untuk menghindari rasa mengantuk setelah makan:

Jangan makan terlalu banyak

Jaga porsi makan Anda jangan sampai berlebihan. Makan berlebihan dapat membuat Anda sangat kenyang sekaligus mengantuk. Mengapa hal ini menyebabkan mengantuk?

baca juga: Mau Sukses Seleksi CPNS? Coba Ikuti Kiat Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Ini

Karena untuk mencerna semua makanan itu, tubuh membutuhkan lebih banyak energi. Hal ini tentu bisa membuat tubuh Anda merasa lelah dan ngantuk.

Cukup air putih

baca juga: Jangan Sembarangan Pilih Warna Baju Renang Bagi Anak, Sebaiknya Hindari Warna Ini

Pastikan Anda minum air putih yang cukup saat makan. Air putih dapat menghidrasi tubuh Anda, sehingga Anda terhindar dari kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan ngantuk. Perlu diingat bahwa semua organ dalam tubuh Anda membutuhkan air untuk melakukan fungsinya.

Bergerak

Jika Anda hanya duduk-duduk saja setelah makan, kemungkinan Anda merasa ngantuk setelah makan akan lebih besar. Beraktivitas dapat meningkatkan aliran darah, sehingga oksigen dan nutrisi dapat dialirkan dengan baik ke seluruh sel-sel tubuh. Dengan bergerak, Anda juga menjadi lebih berenergi. Berjalan setidaknya 15 menit setelah makan atau menaiki tangga dibandingkan lift mungkin dapat membantu mencegah kantuk.

baca juga: Penelitian: Satu Dosis Vaksin AstraZeneca Bisa Berikan Tingkat Perlindungan 88 Persen

Pilih makanan

Saat makan siang, pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks, protein, dan cukup zat besi. Karbohidrat mengandung glukosa yang dapat memberi energi. Zat besi diperlukan untuk memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hindari mengonsumsi asupan lemak dan gula tinggi seperti fast food karena dapat menambah banyak kalori pada tubuh tapi kurang nutrisi. Gula tinggi dapat memberi lonjakan gula darah tapi bisa menghilang dengan cepat sehingga menyebabkan kantuk dan lelah.

Saat makan malam, pilihlah karbohidrat sederhana dan protein. Kombinasi tersebut dapat membuat Anda ngantuk, sehingga Anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. Pagi harinya, makanlah makanan yang mudah dicerna dan dapat memberikan energi awal yang cukup untuk memulai aktivitas.

Editor: Ramadhani