Obesitas Masalah Kesehatan Serius, Ini Cara Mengatasinya

Obesitas
Obesitas (net)

KLIKPOSITIF - Obesitas merupakan masalah kesehatan yang serius. Jumlah kasus obesitas di dunia terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan hingga dua kali lipat.

Untuk itu perlu diketahui bagai cara mengatasi obesitas guna menghindari komplikasi serius. Dilansir dari hellosehat berikut ini hal yang perlu diperhatikan ketika mengobati obesitas:

baca juga: Ini Pengobatan Rumahan yang Dapat Meredakan Gejala Gatal pada Miss V

Mengatur pola makan

Salah satu cara mengatasi obesitas yang paling penting yakni mengatur kebiasaan makan. Pola makan yang tidak sehat merupakan penyebab kegemukan yang paling sering dialami oleh orang-orang. Asupan kalori yang lebih banyak dibandingkan yang dibakar tentu dapat menyebabkan penumpukan lemak.

baca juga: Penelitian: Satu Dosis Vaksin AstraZeneca Bisa Berikan Tingkat Perlindungan 88 Persen

Bahkan, kebiasaan makan yang tidak dibarengi aktivitas fisik ini juga dipengaruhi oleh porsi dan pemilihan makanan. Akibatnya, penumpukan lemak terjadi dan bisa memicu kenaikan berat badan yang mungkin berujung pada obesitas. Meski begitu, Anda tidak bisa mengatur pola makan sembarangan, terutama ketika menderita obesitas.

Selain mengatur pola makan, cara mengatasi obesitas lainnya adalah mulai rutin berolahraga atau sekadar sering bergerak. Banyak orang yang telah terbukti berhasil mempertahankan diet penurunan berat badan mereka dengan olahraga teratur.

baca juga: Agar Sayuran Tidak Kehilangan Gizi, Begini Cara Memasaknya

Aktivitas Fisik dan Olahraga

Olahraga yang disarankan untuk penyandang obesitas dapat dimulai secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Umumnya, para penyandang obesitas perlu melakukan aktivitas intensitas sedang setidaknya 150 menit dalam seminggu. Hal ini bertujuan mencegah kenaikan berat badan atau untuk mempertahankan berat badan yang turun.

baca juga: Kasus Kematian Bayi di Pariaman Meningkat, Dinkes Sedang Cari Penyebabnya

Bila Anda ingin angka timbangan semakin turun, usahakan untuk berolahraga 300 menit atau lebih dalam seminggu. Anda bisa melakukannya secara bertahap dengan meningkatkan jumlah olahraga saat daya tahan dan kebugaran meningkat.

Berbeda dengan olahraga, aktivitas fisik meliputi kegiatan rumah tangga sederhana seperti menyapu, mengepel, atau lebih sering berjalan kaki. Dengan lebih banyak bergerak, tubuh akan membakar lemak dan kalori lebih banyak.

Perubahan perilaku

Baik pola makan dan aktivitas fisik adalah bagian dari perubahan menuju gaya hidup yang sehat. Keduanya juga dimaksudkan sebagai cara untuk mengatasi obesitas agar lemak dan berat badan turun. Meski begitu, pola makan dan aktivitas fisik ini juga perlu dibarengi dengan perubahan perilaku terhadap diri sendiri. Metode ini ditujukan untuk memeriksa kebiasaan Anda saat ini untuk mengenali faktor, stres, dan situasi apa yang menjadi penyebab obesitas.

Terapi perubahan perilaku ini biasanya meliputi berbicara dengan psikolog untuk mengatasi masalah emosional dan berbicara dengan kelompok pendukung. Anda bisa mencari program ini ketika obesitas dari rekomendasi dokter atau rumah sakit.

Obat resep penurun berat badan

Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk mengobati obesitas atau kelebihan berat badan. Perlu diingat bahwa cara mengatasi obesitas ini harus digunakan bersamaan dengan pola makan, olahraga, dan perilaku. Tujuan utama dari obat penurun berat badan (anti-obesitas) yakni membantu pasien menjalani diet rendah kalori. Obat ini berfungsi menghentikan rasa lapar dan membantu memperlama sinyal kenyang yang muncul.

Editor: Ramadhani