Aktif Berjalan, Ini Manfaatnya Bagi Tubuh

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Pernahkah Anda menghitung seberapa jauh anda berjalan setiap hari? Disadari atau tidak, kita semua berjalan setiap hari dan aktivitas ini membawa banyak manfaat.

Manfaat jalan kaki tidak sesederhana kelihatannya. Anda bisa mendapatkan segudang keuntungan dari berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari. Dilansir dari hellosehat berikut ini berbagai manfaat jalan kaki 30 menit sehari yang bisa Anda peroleh:

baca juga: Ingin Hidup Lebih Sehat, Mulai dengan Berjalan 30 Menit Setiap Hari

Melancarkan sistem pencernaan

Setelah Anda mengonsumsi makan-makanan berat yang penuh dengan lemak dan karbohidrat, maka usahakan untuk tidak berdiam diri setelahnya. Duduk menonton TV atau bahkan langsung tidur dapat mengganggu kinerja sistem pencernaan Anda.

baca juga: Ini Kata Ilmuan Terkait Vaksin Corona yang Sudah Ada dan Varian Delta

Hal yang perlu Anda lakukan ialah berjalan selama 30 menit. Hal ini dilakukan untuk memperlancar kerja sistem pencernaan Anda. Selain itu, manfaat lainnya ialah berjalan kaki setelah makan membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan tidak memberikan lonjakan yang membahayakan tubuh.

Membuat suasana hati semakin baik

baca juga: Kasus COVID Melonjak, Menaker Minta Perusahaan Utamakan Keselamatan Pekerja

Manfaat berjalan kaki 30 menit sehari ternyata sama dengan makan tiga buah dark chocolate. Pasalnya, orang yang rutin berjalan kaki mengalami perubahan sistem saraf yang membuat suasana hati lebih baik dan menimbulkan rasa senang. Apalagi jika hal ini dilakukan dengan orang-orang terkasih maka jalan kaki bisa semakin membuat hati senang dan bahagia. Suasana hati yang baik akan membawa hari Anda penuh dengan produktivitas yang baik dan juga positif

Menurunkan berat badan

baca juga: Muhaimin Iskandar: Patuhi Protokol Kesehatan Agar Ekonomi Bisa Tumbuh

Manfaat jalan kaki yang satu ini pasti menjadi favorit bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin. Hal ini berujung pada berkurangnya lemak perut. Berjalan kaki meningkatkan metabolisme tubuh dengan membakar kalori ekstra yang biasanya bertumpuk menjadi lemak. Jika asupan kalori Anda sehari-hari ternyata berlebih, maka berjalan kaki 30 menit sehari dapat membakar 200 kalori per minggunya.

Mengurangi gejala varises

Seiring bertambahnya usia, varises sangat mungkin terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah vena yang biasanya terjadi di sekitar betis dan kaki. Jalan kaki setidaknya 30 menit bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi, sehingga tidak terlihat lagi pembuluh darah vena yang menonjol dan terlihat di are betis.

Menurunkan risiko penyakit kronis

The American Diabetes Association menyatakan berjalan kaki mampu menurunkan kadar gula darah dan risiko terkena penyakit diabetes. Selain itu, peneliti di University of Boulder Colorado dan University of Tennessee menemukan fakta bahwa berjalan kaki rutin setiap hari bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke sebesar 20 hingga 40 persen. Bahkan penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine tahun 2002 menemukan fakta bahwa orang yang berjalan 30 menit per hari atau melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama lima hari setiap minggunya memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak.

Editor: Ramadhani