Suka Makan Telur Mentah, Ini yang Perlu Anda Ketahui

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Telur mentah juga sama bergizinya dengan telur yang dikonsumsi dalam keadaan matang. Telur mengandung semua 9 asam amino esensial dalam rasio yang tepat.

Telur sering disebut sebagai sumber protein lengkap.Namun, makan telur mentah dapat menurunkan penyerapan protein berkualitas ini.

baca juga: Ini Pengobatan Rumahan yang Dapat Meredakan Gejala Gatal pada Miss V

Dilansir dari Healthline sebuah penelitian membandingkan penyerapan protein dari telur matang dan mentah pada 5 orang. Studi ini menemukan bahwa 90% protein dalam telur matang diserap, tetapi hanya 50% dalam telur mentah.

Artinya, protein dalam telur yang dimasak 80% lebih mudah dicerna tubuh. Meskipun protein lebih baik diserap dari telur yang dimasak, beberapa nutrisi lain juga mungkin sedikit berkurang karena melewati proses pemasakan.

baca juga: Penelitian: Satu Dosis Vaksin AstraZeneca Bisa Berikan Tingkat Perlindungan 88 Persen

Ini termasuk vitamin A, vitamin B5, fosfor dan kalium. Di sisi lain, telur mentah dan setengah matang mungkin mengandung Salmonella, sejenis bakteri berbahaya. Bakteri ini dapat ditemukan pada kulit telur tetapi juga di dalam telur.

Mengkonsumsi telur yang terkontaminasi dapat menyebabkan keracunan makanan. Gejala keracunan makanan termasuk kram perut, diare, mual, demam dan sakit kepala.

baca juga: Agar Sayuran Tidak Kehilangan Gizi, Begini Cara Memasaknya

Gejala-gejala ini biasanya muncul 6 hingga 48 jam setelah makan dan dapat berlangsung 3 hingga 7 hari.

Editor: Ramadhani