Wabah Corona Belum Usai, China Temukan Kasus Virus Baru

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Belum selesai dengan wabah virus corona yang masih mengancam sejumlah negara di dunia. Kini, sebuah virus kembali menghantui umat manusia.

Seorang laki-laki 41 tahun asal Jiangsu dilaporkan jadi manusia pertama yang terjangkit virus flu burung H10N3.

baca juga: Kenapa Creatine Digunakan Atlet dan Tidak Termasuk Doping?

Melansir dari Channel News Asia, temuan kasus ini dilaporkan secara resmi oleh Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) pada Selasa (1/6/2021).

NHC menyebut, pasien tersebut sudah menjalani perawatan di rumah sakit sejak 28 April lalu usai mengalami demam dan gejala lainnya.

baca juga: Potong Berlian Hitam Langka Terbesar di Dunia dengan Berat 555,55 Karat Dipajang di Dubai

Pihak terkait lantas mendiagnosis pria itu positif terjangkit virus flu burung H10N3 pada 28 Mei meski tidak dijelaskan rincian bagaimana pria tersebut bisa terinfeksi.

Saat ini, kesehatan dari pria itu dilaporkan telah stabil dan segera diizinkan untuk keluar dari rumah sakit. Pengamatan medis dari kontak dekatnya tidak menemukan kasus lain.

baca juga: Politisi NasDem: Jangan Hanya Fokus Penanganan Pandemi Covid-19, Imunisasi Dasar Lengkap Penting

NHC mengklaim, H10N3 adalah strain virus patogen rendah, atau relatif kurang parah, pada unggas dan risiko penyebarannya dalam skala besar sangat rendah

Strain ini "bukan virus yang sangat umum", kata Filip Claes, koordinator laboratorium regional dari Pusat Darurat Penyakit Hewan Lintas Batas Organisasi Pangan dan Pertanian di Kantor Regional untuk Asia dan Pasifik.

baca juga: Belum Juga Vaksinasi COVID-19, Djokovic Kini Juga Terancam Gagal Berpartisipasi di Roland Garros

Sumber: www.batamnews.co.id

Editor: Eko Fajri