Awas, Menyentuh Bagian Depan Masker Sangat Berbahaya, Ini Penjelasannya

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

KLIKPOSITIF - Banyak orang memang sudah memakai masker saat ke luar rumah. Tapi tidak sedikit yang melakukan kesalahan saat memakai masker , seperti menyentuh bagian depan masker .

Padahal perilaku ini sangat berbahaya, karena menurut International Medical Center Beijing, bagian depan masker adalah bagian yang paling kotor, karena berpotensi besar mengandung berbagai patogen seperti kuman, bakteri hingga virus berbahaya termasuk SARS CoV 2 penyebab Covid-19.

baca juga: Warga AS yang Terima Dua Kali Vaksin Boleh Tak Pakai Masker

Karena Covid-19 menyebar dan menular melalui droplet atau tetesan air liur, maka dilarang menyentuh bagian depan masker .

Apalagi, akan jadi sumber penyakit setelah menyentuhnya lupa mencuci tangan dengan benar, seperti diwartakan World of Buzz, Jumat (21/5/2021).

baca juga: PM Thailand Terima Didenda karena Tak Pakai Masker

Simak cara memakai dan melepas masker yang benar menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, sebagai berikut:

1. Cara memakai masker menurut WHO

baca juga: Viral, Warga Kurang Mampu Ini Tempelkan Sarang Burung di Wajah Sebagai Pengganti Masker

Bersihkan tangan Anda dengan antiseptik mengandung alkohol atau sabun dan air mengalir sebelum mengambil masker , dan pastikan Anda tidak menggunakan masker bekas atau rusak.

Cari tahu bagian dalam dan depan masker , biasanya masker medis bagian dalamnya berwarna putih, dan bagian depannya ada strip logam.

baca juga: BNPB Bantu Sumbar Senilai 1,5 Miliyar, Bantuan Berupa Rapid Tes Antigen, Masker dan Hand Sanitizer

Pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu Anda. Pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker .

Saat memasang tali, jangan menyilangkan tali karena membuat sisi masker terbuka. Selanjutnya, cubit strip logam di depan masker agar tepat menempel di hidung Anda.

2. Cara melepas masker menurut WHO

Bersihkan tangan Anda dengan antiseptik berbahan dasar alkohol atau menggunakan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh masker .

Tanpa menyentuh sisi depan masker , lepaskan tali dari belakang kepala atau telinga. Condongkan tubuh ke depan dan tarik masker dari wajah Anda saat melepasnya.

Ingat, masker medis hanya untik sekali pakai dan pastikan tangan Anda bersih setelah membuang masker .

Selain pakai masker , untuk terhindar dari Covid-19 perlu juga menjaga jarak atau social distancing, rutin cuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi