Mau Bikin Ketupat Untuk Lebaran? Simak Tips Ini Dulu Agar Terasa Enak

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Memasak ketupat ialah tradisi setiap tahunnya menjelang lebaran baik Idul Fitri maupun Idul Adha. Memasaknya pun memiliki tantangan tersendiri.

Misalnya membuat ketupat menjadi pulen dan padat sehingga akan sangat enak ketika dimakan bersama kuah opor saat lebaran nanti.

baca juga: Hari Ini, 12 Warga Terpapar COVID-19 di Tanah Datar, Kasus Positif Aktif Jadi 315 Orang

Berikut ini cara membuat ketupat menjadi pulen dan enak dimakan:

1. Pilih Daun Kelapa Warna Kuning Muda Kehijauan

baca juga: Perdagangan Saham Garuda di Bursa Efek Dihentikan

Supaya ketupat tidak cepat basi, sejak awal pembuatan sudah harus diperhatikan bahan utama, yakni daun kelapa atau janur sebagai pembungkus ketupatnya.

Anda harus memilih daun kelapa warna kuning muda kehijauan sebagai pembungkus. Hindari yang masih terlalu muda karena itu bisa menyebabkan ketupat cepat berkeringat dan basi, sedangkan daun kelapa yang tua dan kering akan membuat ketupat tidak matang sempurna.

baca juga: Harga Emas Terus Turun, Hari Ini Dijual Rp 920 Ribu Per Gram

2. Tambahkan air kapur sirih

Cara agar ketupat tetap pulen, yakni menambahkan air kapur sirih pada beras sebelum dimasukkan ke dalam selongsong ketupat .

baca juga: Kampung Bahari Nusantara Sungai Pisang Diyakini Masyarakat Bahari

Selain itu juga jangan lupa tambahkan garam agar ketupat memiliki cita rasa yang lebih gurih. Fungsi air kapur sirih adalah untuk membuat ketupat lebih awet dan kenyal.

3. Tambahkan air panas pada rebusan ketupat

Selama proses perebusan, Anda harus menambahkan air panas pada air rebusan ketupat . Ini dilakukan di tengah-tengah proses perebusan.

Tambahkan air panas agar ketupat tetap bersih, jauh dari kesan kotor karena balon-balon uap yang biasanya akan menempel pada janur atau daun kelapanya.

4. Siram ketupat dengan air es atau air dingin

Kalau sudah matang, angkat ketupat dan taruh di wadah berlubang agar uap dan air rebusannya dapat tuntas. Setelah itu, siram ketupat dengan air es supaya ketupat pulen dan padat.

Kalaupun tidak ada air es, anda bisa menggunakan air dingin biasa untuk menyiramnya.

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri