Konsumsi Kacang Disebut Bisa Picu Jerawat, Ini Faktanya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Sejak lama kacang dianggap sebagai musuh kulit karena dapat menimbulkan jerawat. Ternyata kacang yang dipercaya sebagai penyebab jerawata tidak benar sama sekali.

Penyebab jerawat yang utama adalah penyumbatan pori oleh tiga faktor, yaitu infeksi bakteri, sel kulit mati, dan produksi minyak berlebih. Ketiga faktor tersebut memang dapat dipicu oleh berbagai hal, mulai dari kebiasaan mencuci muka hingga faktor genetik.Salah satu hal yang paling sering terdengar adalah makanan penyebab jerawat. Sebagai contoh, makanan yang tinggi gula memang dapat memperburuk kondisi jerawat karena dapat memproduksi minyak lebih banyak. Sebenarnya, alasan utama mengapa kacang disebut dapat menyebabkan jerawat adalah aktivitas sistem pencernaan setelah mengonsumsi makanan ini.

baca juga: Ingin Hidup Lebih Sehat, Mulai dengan Berjalan 30 Menit Setiap Hari

Kandungan lemak dan protein yang tinggi pada kacang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit saat mengolahnya. https://wp.hellosehat.com/pusat-kesehatan/dermatologi/jerawat/cara-menghilangkan-jerawat-di-punggung/

Bila proses pencernaan lambat, sistem kekebalan tubuh mungkin mulai memproduksi antibodi untuk mengatasi masalah ini. Sayangnya, antibodi tersebut ternyata juga mengiritasi kelenjar sebaceous yang merangsang produksi minyak berlebih.

baca juga: Ini Kata Ilmuan Terkait Vaksin Corona yang Sudah Ada dan Varian Delta

Namun jika terlalu banyak, pori-pori akan tersumbat dan menimbulkan komedo dan jerawat. Hal ini yang membuat sebagian orang percaya bahwa kacang bikin kulit jerawatan. Walaupun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut apakah kacang menyebabkan jerawat atau tidak.

Alih-alih menyebabkan jerawat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jenis kacang tertentu justru dapat bantu menghilangkan jerawat. Kacang mengandung vitamin dan mineral yang membantu kulit melawan peradangan kulit, seperti:

baca juga: Kasus COVID Melonjak, Menaker Minta Perusahaan Utamakan Keselamatan Pekerja

vitamin A,

vitamin B3 dan B6,

baca juga: Muhaimin Iskandar: Patuhi Protokol Kesehatan Agar Ekonomi Bisa Tumbuh

vitamin C, serta

vitamin E.

Selain itu, kromium dan selenium di kacang juga berguna dalam memerangi masalah jerawat. Sebagai contoh, vitamin E membantu menjaga kelembapan kulit.

Kandungan asam folat pada kacang pistachio juga memastikan kulit pulih dari masalah jerawat. Bahkan, kacang pistachio juga dapat bereaksi dengan insulin karena bertugas melacak gula darah yang mungkin memengaruhi kadar androgen.

Tidak hanya itu, kandungan selenium dan zinc pada kacang mete juga membantu tubuh melawan radikal bebas yang mungkin merusak sistem imun dan sel kulit manusia.

Editor: Ramadhani