Olahraga Ternyata Baik untuk Menjaga Saluran Cerna dan Sejumlah Organ Penting

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Olahraga diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain itu olahraga juga bermanfaat bagi kinerja saluran cerna.

Dilansir melalui Okadoc, olahraga sangat penting, tidak hanya karena manfaatnya yang diketahui, tetapi juga untuk mengimbangi gaya hidup sibuk yang kita jalani setiap hari.

Sebagian besar dari kita tidak dapat menaiki tiga lantai menggunakan tangga tanpa mulai terengah-engah, dan tidak dapat berlari cepat selama satu menit sebelum kita merasa sangat kelelahan. Dalam kondisi normal, kita harus bisa menjaga hidup sehat, menjalankan tugas sehari-hari tanpa jatuh ke tanah setelah melakukan upaya fisik.

baca juga: Ingin Hidup Lebih Sehat, Mulai dengan Berjalan 30 Menit Setiap Hari

Kami tidak harus memulai dengan keras; Olahraga yang mudah dan singkat seperti berjalan-jalan atau berlari di udara segar akan sangat membantu untuk memperbaiki kondisi fisik kita.

Ada mayoritas yang mengejutkan di semua negara yang menderita masalah pencernaan, dan ini disebabkan oleh beberapa alasan, termasuk kualitas makanan dan gaya hidup . Olahraga meningkatkan kesehatan pencernaan karena membantu meningkatkan tingkat metabolisme, yang berarti pencernaan menjadi lebih cepat dan efisien.

Ketika pencernaan menjadi lebih efisien, ini berarti tubuh dapat menyerap vitamin, makanan, dan cairan dengan lebih baik, yang lebih meningkatkan kesehatan .

Penyakit jantung saat ini lebih umum daripada sebelumnya dan kita terpapar jauh lebih awal daripada generasi sebelumnya. Gangguan jantung memiliki banyak penyebab, termasuk warisan genetik, dan beberapa terkait dengan pola makan dan gaya hidup . Oleh karena itu, olahraga teratur dan aktivitas fisik penting untuk meningkatkan kesehatan jantung.

baca juga: Fakta-fakta Menarik Buffon Setelah Resmi Kembali ke Parma dengan Kontrak 2 Tahun

Penurunan berat badan dan menghilangkan stres akibat berolahraga meningkatkan kinerja jantung dan juga membantu menurunkan kadar lipoprotein dalam darah.

Olahraga teratur juga membantu mengurangi risiko banyak penyakit kronis seperti kadar kolesterol, lemak berlebih dalam darah (trigliserida), diabetes, atau nyeri sendi. Ini terutama karena membantu membakar lipoprotein densitas rendah yang dikaitkan dengan aterosklerosis, masalah jantung, ginjal yang buruk, dan fungsi organ.

baca juga: Kontrak dengan Fonseca Gagal, Tottenham Kini Buru Gattuso yang Tidak Jadi Tangani Fiorentina

Berolahraga meningkatkan kadar hormon endorfin, yang kadang-kadang disebut "Hormon Kebahagiaan" karena perasaan yang ditimbulkannya saat kadarnya dalam tubuh meningkat.

Editor: Ramadhani