Ketahuilah, Ini Lima Titik Lemah yang Bisa Membuat Virus Corona Masuk ke Tubuh

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid
Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang , Feri Mulyani Hamid menyatakan bahwa banyaknya kasus positif Covid -19 di Kota Padang - Sumbar karena ada lima titik lemah.

"Ada titik lemah sehingga akhirnya virus corona mudah masuk ke tubuh," katanya saat pelaksanaan Diseminasi Informasi di ruang Media Center milik Dinas Kominfo Kota Padang , Rabu 28 April 2021.

baca juga: Pedagang Prediksi Harga Telur di Pasar Raya Padang Akan Melambung Pekan Depan, Kok Bisa?

Ia mengatakan, titik lemah manusia yang mengakibatkan Covid -19 mudah menyerang yakni ketika manusia abai terhadap protokol kesehatan.

Hal pertama menurutnya adalah rasa kedekatan dengan keluarga atau kerabat membuat seseorang melupakan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi.

baca juga: Padang Rawan Gempa, Diskominfo Usulkan Ini Kepada BPBD

"Ketika sudah di rumah, kita melupakan protokol kesehatan, merasa tak perlu mandi, dan sebagainya," katanya.

Selain tidak membersihkan badan, titik lemah lainnya adalah melepas masker ketika berkumpul dengan keluarga atau orang terdekat.

baca juga: Pasokan Ikan Berkurang di Pasar Raya Padang, Harga Tetap Stabil

Ketiga menurut Feri Mulyani adalah merasa jenuh memakai masker. Banyak masyarakat yang sudah jenuh menggunakan masker karena sudah lamanya pandemi Covid -19.

"Keempat adalah saat melepas masker ketika berfoto bersama, ini kadang sering dilakukan sehingga menimbulkan peluang penularan virus," lanjutnya.

baca juga: Hari Ini, 12 Warga Terpapar COVID-19 di Tanah Datar, Kasus Positif Aktif Jadi 315 Orang

Selain itu, menurutnya hal yang sering terjadi adalah saat makan bersama atau berbuka bersama. Hal tersebut tidak memungkinkan masyarakat untuk menggunakan masker.

"Seharusnya, jika saat makan bersama itu, makan saja dengan tidak bercengkrama. Selesai makan, gunakan kembali maskernya dan baru bercengkerama," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak abai dengan protokol kesehatan. Tetap mengenakan masker dan disiplin dengan 5 M.

"Mari disiplinkan diri dengan 5 M, dengan tetap menjaga protokol kesehatan, virus corona tidak akan mudah menjangkiti," ajaknya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi